Minggu, 20 Oktober 2019

 Headline
MALUT POST / EKONOMI / Harga Tertinggi Rica Nona Rp 100 Ribu

Harga Tertinggi Rica Nona Rp 100 Ribu

Diposting pada 01/08/2019, 13:13 WIT
MAHAL: Harga rica nona di Kota Ternate masih mahal. Ft putri/malut post
MAHAL: Harga rica nona di Kota Ternate masih mahal. Ft putri/malut post

Rantai Distribusi Panjang, Harga Mahal

Peliput : Putri Citra Abidin
Editor : Bukhari Kamaruddin


TERNATE - Ini menjadi catatan bagi warga Kota Ternate saat berbelanja barito (bawang, rica, tomat).
Jika belanja di pasar, maka harus keliling untuk mencari harga barito yang ideal, jangan hanya bertanya di satu pedagang dan langsung membeli. Amatan Malut Post berulang-ulang, perbedaan harga barito antara satu pedagang dengan pedagang lain beda. Bahkan kadang perbedaannya mencapai puluhan ribu. penyebabnya, karena ada pedagang tidak mengambil langsung barang di agen, namun ke rekan mereka sesama pedagang. Bahkan mencapai orang ketiga.
Amatan Malut Post kemarin (31/7), harga cabai nona bervariasi antara Rp 70 ribu hingga Rp 100 ribu per kilogram.  Salah satu pedagang, Irwan, menjual rica (cabai, red) nona Rp 100 ribu,  cabai keriting Rp 60 ribu per kilogram, tomat Rp 15 ribu dan lemon Rp 25 ribu. Sementara bawang merah dan putih masing-masing Rp  50 ribu per kilogram. “Saya beli rica nona dari pedagang lain, bukan dari agen. Karena itu saya hanya beli 4 kilogram saja,” aku Irwan.
Di satu sisi, pedang lainnya menjual rica nona Rp 70 ribu per kilogram. Dia menuturkan harga rica nona pedagang lain yang mahal, kemungkinan yang bersangkutan mengambil dari tangan kedua atau bahkan ketiga. Dan biasanya pedagang yang berjualan di bagian depan, harganya lebih mahal. “Yang di bagian depan agak mahal,” tuturnya. Karena itu dia menyarankan pembeli untuk rajin bertanya sebelum membeli.
Agen barito, Sahril mengatakan, harga rica nona yang dijualnya kepada pedagang Rp 65 ribu, sedangkan rica keriting Rp 40 ribu per kilogram. Pagi kemarin dia mengambil 26 peti tomat, cabai nona 2 karung dan cabai keriting 3 karung. “Yang tersisa hanya tomat, rica nona dengan rica keriting habis terjual. Stok lemon ikan masih ada,” alunya. (mg-05/onk).

Share
Berita Terkait

Tiket Mahal, Penumpang Pesawat Turun

16/04/2019, 12:33 WIT

Ultah ke-56, Taspen Cegah Stunting

12/04/2019, 08:58 WIT

Basuki: Jangan Ambil Kerang

18/04/2019, 09:25 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan