Senin, 19 Agustus 2019

 Headline
MALUT POST / AKADEMIKA / Jelajah Situs Sejarah di Tongole

Jelajah Situs Sejarah di Tongole

Diposting pada 02/08/2019, 14:13 WIT
PANDUAN: Para mahasiswa KKN Kebangsaan saat dipandu salah satu warga Tongole ketika menjelajahi situs sejarah di Toingole.
PANDUAN: Para mahasiswa KKN Kebangsaan saat dipandu salah satu warga Tongole ketika menjelajahi situs sejarah di Toingole.

TERNATE- Mahasiswa KKN Kebangsaan yang menempati kelurahan Tongole, Ternate tengah, kemarin melakukan jelajah situs  sejarah rempah di Tongole.
    Sehari sebelumnya, mahasiswa yang berasal dari lima perguruan tinggi yakni   Insitut Pertanian Bogor, Universitas Jenderal Soedirman, Institut Seni Indonesia Surakarta, Universitas Teuku Umar serta dari Unkhair ini menggelar kegiatan di objek wisata cengkih Afo. Koordinator Kelurahan, Livie Ahmad Fauzi, menjelaskan ada beberapa situs sejarah yang didatangi 10 mahasiswa yang didampingi tokoh masyarakat di kelurahan tersebut,  yakni kawasan perkebunan pala yang dulu dikuasai Belanda, lorong pertahanan Jepang saat menguasai  rempah di Ternate, pengembangan tanaman vanili serta sumber mata air yaitu Air tege-tege yang dibangun oleh Belanda. “Dengan jelajah
situs  sejarah rempah ini, kita bisa mengenal sejarah di kelurahan Tongole terutama mengenai sebaran rempah tertua di dunia,” jelas Livie yang merupakan peserta dari IPB.
Dengan demikian, dari 11 Program yang dicanangkan sudah 4  program yang tyerlaksana. Besok, para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia ini akan pertunjukan tarian di SD 19 Kota Ternate dan pembuatan film  mitigasi bencana. Sehari sesudahnya ada pelatihan dan pertunjukan wayang khas Ternate sebagai media untuk pengembangan karakter anak. Program yang telah terlaksana adalah Desain kantor lurah sesuai produk unggulan Kelurahan Tongole, yaitu bambu batik. Mengajarkan nilai kedisiplinan kepada siswa SDN 19 Kota Ternate serta redesain objek wisata cengkih afo sesuai standar wisata. Kehadiran peserta KKN  dengan dosen pembimbing lapangan Roswita Aboe akan berakhir 21 Agustus nanti. (tr-04/nty) 

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan