Senin, 19 Agustus 2019

 Headline
MALUT POST / AKADEMIKA / PKM, Dosen UPJJ Gelar Gemma

PKM, Dosen UPJJ Gelar Gemma

Diposting pada 05/08/2019, 13:04 WIT
SOSIALISASI: Suasana sosialisasi Gemma di Masjid Raudatul Jannah, Sangaji utara
SOSIALISASI: Suasana sosialisasi Gemma di Masjid Raudatul Jannah, Sangaji utara

TERNATE –Dosen UT Ternate kemarin (4/8) menggelar sosialisasi Program Gerakan Menabung dan Memanen Air Hujan (Gemma). Tutor UPBJJ-UT Ternate, Muhammad Darsan, menjelaskan sosialisasi ini juga berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2015 lalu tentang krisis air bersih di Ternate utara "Dari situ, kami berkomunikasi dengan kecamatan dan, camatnya bilang ada program Gemma sebagai langkah menangani krisis air ini. Salah satunya membuat sumur resapan," tuturnya. Nantinya, output dari penelitian ini selain jurnal, ada eksekusi PKM sebagai bentuk tri darma perguruan pendidikan.

Sosialisasi dipusatkan di Masjid Raudatul Jannah, Kelurahan Sangaji Utara, demikian halnya dengan pembuatan sumur resapan yang akan direalisasikan dalam bulan ini. Terkait hal ini, Lisda Ariani Simabur yang juga salah satu dosen UT menjelaskan
dipilihnya masjid sebagai lokasi pembuatan sumur resapan karena
masjid merupakan salah satu tempat urgen yang sangat membutuhkan air. “Untuk manfaat jangka panjang sumur resapan itu untuk mengembalikan debit air dalam tanah yang pusatnya di Ake ga ale,”kata Dosen Ilmu Perpustakaan-UPBJJ ini. Dia juga menjelaskan tentang tujuan jangka menengah yaitu agar air bisa digunakan masyarakat setempat dan air wudhu.
Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), maka diminta kesadaran masyarakat menjaga sumur resapan yang akan dibangun tersebut. Harapan yang sama juga diungkapkan  Camat Ternate Utara, Zulkifli yang berharap sumur resapan yang dibangun itu  bisa memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. (tr-01/nty/pn)

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan