Rabu, 21 Agustus 2019

 Headline
MALUT POST / NASIONAL / Hari Ke-28, Sudah 50 CJH Wafat

Hari Ke-28, Sudah 50 CJH Wafat

Diposting pada 06/08/2019, 13:19 WIT
JAMAAH haji mengusir haus saat beribadah di Masjidilharam (31/7).
JAMAAH haji mengusir haus saat beribadah di Masjidilharam (31/7).

JAKARTA- Masa Armuzna (Arafah, Muzdalifah, dan Mina) segera tiba. Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, jamaah yang meninggal pada fase tersebut selalu banyak. Karena itu, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi bidang kesehatan terus melakukan persiapan.
Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah membuat perbandingan jumlah jamaah meninggal sampai hari ke-28 (2 Agustus) masa operasional haji. Tahun ini tercatat sudah ada 50 jamaah yang meninggal. Pada periode yang sama di musim haji 2018, ada 62 orang jamaah yang meninggal. Sebelumnya, di musim haji 2017, ada 90 jamaah yang meninggal, sedangkan pada 2016 tercatat ada 58 jamaah yang wafat.
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan, turunnya angka kematian sampai masa operasional hari ke-28 itu disebabkan banyak faktor. “Di antaranya adalah upaya preventif sejak di tanah air,” katanya kemarin (4/8).
Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Makkah Muhammad Imran menyatakan, tren kematian jamaah biasanya naik setelah masa Armuzna. “Biasanya jamaah gelombang kedua yang rawan,” ujarnya.
Mereka biasanya memforsir kegiatan umrah sunah setelah masa Armuzna. Sebab, mereka ingin umrah sesering-seringnya sebelum diarahkan menuju Madinah.  (jpg/jfr)

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan