Senin, 09 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / NASIONAL / Jokowi Pernah Kecewa Anak Buah Tak Paham Maritim

Jokowi Pernah Kecewa Anak Buah Tak Paham Maritim

Diposting pada 07/08/2019, 13:09 WIT
JOKO Widodo
JOKO Widodo

JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut pernah mengeluh dan kecewa soal anak buahnya yang tidak mengerti visi poros maritim dunia.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Yayasan Dewan Pimpinan The Habibie Center, Sofian Effendi dalam sambutannya di acara Seminar Nasional Prospek Poros Maritim Dunia di Periode Kedua Jokowi, di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa (6/8). "Pak Jokowi pernah mengeluh soal itu, beliau bilang, tidak ada yang ngerti. Saya bilang, gertak lagi saja, Pak,"  ungkap dia.


Visi poros maritim dunia diketahui telah dicanangkan saat Presiden Jokowi terpilih pada 2014 lalu. Dalam visi itu, perekonomian berbasis maritim itu diharapkan dapat menambah lajunya pembangunan ekonomi di Indonesia.

Namun demikian, Sofian mengaku kabinet Jokowi belum berhasil untuk merumuskan definisi poros maritim. "Sayangnya, sampai sekarang definisi operasional dari poros maritim belum berhasil dirumuskan oleh para pembantunya di kabinet," ujar dia.
Di tempat yang sama, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Sjarief Widjaja mengatakan sebenarnya sejak tahun 2014 lalu blue print poros maritim itu sudah ada.

Ia menjelaskan hal itu tercantum dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan dan Perpres Nomor 16 Tahun 2017 tentang Kebijakan Kelautan Indonesia. "Di sana sudah detil sekali plan action dari poros maritim dan sekarang bukan saatnya bicara prospek tapi pemantapan," jelasnya. (cnnindonesia/jfr)

 

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan