Rabu, 21 Agustus 2019

 Headline
MALUT POST / / Wonderful Halut 2019 Resmi Dihelat

Wonderful Halut 2019 Resmi Dihelat

Diposting pada 08/08/2019, 14:01 WIT
DIHELAT: Para penari menarikan tari lenso pada pembukaan Wonderful Morotai 2019. Foto lain, pembukaan event oleh Bupati Frans Manery didampingi perwakilan Kementerian Pariwisata dan Pemprov Malut RAMLAN HARUN
DIHELAT: Para penari menarikan tari lenso pada pembukaan Wonderful Morotai 2019. Foto lain, pembukaan event oleh Bupati Frans Manery didampingi perwakilan Kementerian Pariwisata dan Pemprov Malut RAMLAN HARUN

TOBELO - Event tahunan Wonderful Halmahera Utara resmi dibuka Rabu (7/8) kemarin. Kegiatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Utara (Halut), pada Rabu (7/8) kemarin dipusatkan di Pelabuhan Kontainer Tobelo dengan tema "Destinasi Baru yang Berdaya Saing untuk Halut Mantap” tersebut dibuka langsung oleh Bupati Frans Manery.
    Dalam kesempatan kemarin, Ketua Panitia Fredy Tjandua mengatakan, kegiatan Wonderful Halut bertujuan mempromosikan potensi wisata yang ada di Halut sebagai salah satu destinasi unggulan. Selain itu, Wonderful Halut juga ikut mendorong tumbuh dan berkembangnya potensi dan kegiatan pariwisata multiplayer yang memiliki efek nilai jual.
Fredy yang juga Sekretaris Kabupaten (Sekkab) menambahkan, pengaruh event ini ikut menyebarkan pemeliharaan dan pelestarian lingkungan bagi stakeholder di Halut, sehingga dapat mempengaruhi partisipasi dari semua kalangan. "Ini penting sehingga ikut mendorong program pemerintah, baik dalam kegiatan di bidang sosial, budaya, lingkungan hidup, infrastruktur, keamanan dan ekonomi serta investasi melalui program pariwisata," katanya.
    Menurutnya, kegiatan Wonderful Halut adalah bagian dari promosi potensi wisata di Halut hingga ke mancanegara. Bahkan dari data yang ada, tidak kurang dari 500 wisatawan asing dan wisatawan dalam negeri sebanyak 65.000 orang ikut hadir dalam kegiatan tersebut dengan berbagai desain  jenis kegiatan. "Kegiatan itu diantaranya pameran pembangunan dan ekonomi kreatif, lomba tarian tide-tide dan cakalele, lomba musik yanger tingkat dewasa, lomba goyang Tobelo dan lomba olahraga," sebut Fredy.
Wonderful Halut sendiri menggunakan anggaran yang bersumber dari DPA Dinas Pariwisata (Dispar) yang diploting melalui APBD 2019 senilai Rp 1.673.994.449 miliar. "Semakin baiknya promosi Halmahera Utara sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan di tingkat domestik dan mancanegara, maka sudah jelas berdampak pada pengembangan kegiatan kepariwisataan dan ekonomi kreatif di Halut," tambahnya.
Pernyataan yang sama juga ikut disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Bahari Kementerian Pariwisata RI, Itok Parikesit yang juga hadir dalam pembukaan kemarin. Dikatakan Itok, pelaksanaan Festival Wonderful Halut sangat luar biasa sehingga diharapkan terus dikembangkan demi pengembangan destinasi wisata. "Semoga ke depan dapat dimasukan dalam kalender event pariwisata Kementerian, sehingga Halut bisa dipromosikan lebih luas lagi ke mancanegara dengan berbagai kegiatan, tarian budaya. Sehingga potensi wisata Halut bisa diketahui dalam negeri maupun manca negara," sarannya.
    Di tempat yang sama, Bupati Frans Manery menyatakan pelaksanaan Wonderful Halut adalah wujud dan upaya Pemkab Halut mengangkat kekayaan potensi wisata alam yang perlu dilestarikan dan dilindungi. Sebelumnya, kata Frans, Halut telah melaksanakan Wonderful Halut di Tanjung Bongo dan Talaga Paca diikuti berbagai seni budaya yang ikut dipentaskan, sehingga perlu dikembangkan. "Kami harap Dinas Pariwisata Halut dapat membangun kerjasama dengan kementerian terkait, budayawan dan tokoh-tokoh lainnya, guna mendorong pengembangan kekayaan pariwisata di Halut," harapnya.
    Menurut Frans, potensi budaya dan pesona alam ada di Halut menjadi perhatian dan wajib dilindungi. Pernyataan bupati ini bukan tanpa alasan. Seba di tahun 2018 Halut telah mempromosikan salah satu destinasi wisata yang saat ini sudah dikenal dunia. Salah satunya adalah Tanjung Bongo sebagai salah satu obyek wisata Halut serta disertai pertunjukan seni budaya. "Semuanya patut diapresiasi, karena selama ini kita telah dengan giat melakukan promosi sampai ke mancanegara," tuturnya.
    Ditambahkan Bupati, seni budaya yang ditampilkan melalui event tersebut diharapkan bisa dikembangkan melalui kebudayaan lokal sebagai jati diri diikuti potensi Sumber Daya Alam sebagai aset daerah maupun bangsa.
Turut hadir dalam pembukaan Festival Wonderful Halut kemarin adalah perwakilan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI Itok Parekesit, perwakilan Gubernur Malut yakni Darwis Pua selaku Staf Ahli Bidang Pemberdayaan dan Pembangunan SDM, anggota DPR RI DR. Syaiful Bahry Ruray, dan Prof DR. Thamrin Tomagola.(cr-04/pn/aji)

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan