Senin, 09 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Morotai Rawan Narkoba

Morotai Rawan Narkoba

Diposting pada 09/08/2019, 14:12 WIT
Nurlela Baluhun
Nurlela Baluhun

DARUBA - Morotai merupakan daerah rawan narkoba. Apalagi Morotai berbatas langsung dengan negara tetangga Filipina.
Kepala Seksi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pulau Morotai, Nurlela Baluhun mengatakan,  banyak titik yang menjadi pintu masuk para bandar Narkoba, baik lokal maupun luar negeri. Menurutnya, jarak Morotai dan Filipina hanya 6 jam menggunakan speedboat.  Itu artinya akses laut sangat mudah dijangkau oleh bandar narkoba luar negeri. Sebaliknya dari dalam negeri juga tentu harus diwaspadai, karena kita punya banyak pelabuhan yang bisa juga dimanfaatkan untuk transaksi narkoba. “Maka peran masyarakat sangat penting sebagai sarana informasi bagi aparat keamanan baik polisi atau BNN. Jadi,  kalau ada yang mengetahui adanya transaksi narkoba segera lapor ke BNNK atau pihak Kepolisian," kata Nurlela.
Dia menambahkan,  saat ini BNNK  Morotai telah  membentuk satuan tugas (satgas) di tiap-tiap desa. Mereka bagian dari Informan BNNK di lapangan. "Jadi,  kalau ada hal-hal yang mencurigakan langsung dilaporkan kepada kami. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Bintara Pembinaan dan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Baminkamtibmas) Polres Morotai dalam memperkuat desa-desa dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat di desa-desa se-Kabupaten Pulau Morotai," paparnya.
Terkait kasus sabu yang saat ini tengah ditangani BNNK Pulau Morotai,  dia mengakui masih dalam proses kelengkapan berkas perkara. Tidak lama lagi akan dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Morotai. "Kasus sabu 0,24 gram atas tersangka FI yang ditangkap di Desa Gotalamo 19 Juni masih dalam proses di Polres. Dan barang bukti 0,24 gram sudah diperiksa di labfor Makassar dan terbukti itu sabu,” tegasnya. (tr-04/onk).

Share
Berita Terkait

Warga Antusias ke TPS

18/04/2019, 12:43 WIT

Oknum PNS Cabuli 3 Siswa SMP

24/02/2018, 09:57 WIT

Pembentukan Kodim Morotai Kian Dekat

26/09/2018, 09:10 WIT

Diduga Selingkuh, Guru Dianiaya

09/02/2018, 14:08 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan