Senin, 09 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / HUKUM / Tim Verifikasi Korlantas Polri Kunjungi Malut

Tim Verifikasi Korlantas Polri Kunjungi Malut

Diposting pada 09/08/2019, 14:07 WIT
LALU LINTAS: Tim Korlantas Polri dan jajaran Ditlantas Polda Malut berpose usai pertemuan.
LALU LINTAS: Tim Korlantas Polri dan jajaran Ditlantas Polda Malut berpose usai pertemuan.

TERNATE - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Malut dan Polres Ternate menerima kunjungan dari tim verifikasi Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Rabu (7/8).
Direktur Lalu Lintas Polda, Kombes (Pol) Abrianto Pardede mengatakan, kunjungan tim tersebut dalam rangka melakukan penilaian dan peninjauan terkait kegiatan //road safety partnership action// (RSPA). Kegiatan itu merupakan kegiatan keselamatan berlalu lintas.
Dalam kegiatan tersebut, terdapat 5 pilar yang bersinergi yakni Ditlantas Polda, Dishub, Bappeda, Dinas Kesehatan dan Jasa Raharja. Kelima instansi tersebut memiliki peranan masing-masing dalam menjaga dan menciptakan keselamatan berlalu lintas.
Abrianto Pardede menjelaskan, tugas Dishub dalam kegiatan RSPA tersebut seperti memasang rambu lalu lintas. Tugas Dinas Kesehatan seperti memberi edukasi untuk memakai helm agar terhindar dari kecelakaan lalin. Tugas dari Jasa Raharja seperti terkait mendapatkan santunan kecelakaan.
“5 pilar ini berfungsi memberi edukasi. Ketika terjadi kecelakaan, 5 pilar ini harus bersinergi, seperti Dinas Kesehatan dengan ambulance nya dan lainnya,” jelas Abrianto.
Bahkan, penilaian oleh tim verifikasi Korlantas Polri itu juga berkaitan dengan sejauh mana sinergitas yang dijalin antar lima pilar tersebut dalam mendukung keselamatan berlalu lintas. “Mereka juga nilai, sejauh mana kesiapan sarana prasarananya termasuk sejauh mana tindakan actionnya di lapangan,” ujarnya.
Direktur Lalu Lintas Polda itu menambahkan, dalam kunjungan tim tersebut, pihaknya telah mengusulkan terkait beberapa sarana prasarana yang belum sesuai dengan yang semestinya. Seperti trotoar yang ada di depan kantor Wali Kota Ternate yang terlalu tinggi. Bahkan, tim Korlantas juga menyarankan agar taman di tengah jalan yang berada di depan kantor Wali Kota Ternate itu dibuat bundaran sehingga jalur lalu lintas bisa terkendali satu arah dan tidak berlawanan.
“Usulan-usulan itu akan kami koordinasikan dengan lima pilar ini agar membicarakan hal tersebut,” katanya sembari berharap agar ke depan lalu lintas di Malut maupun Kota Ternate berjalan lancar. (aby/lex)

 

Share
Berita Terkait

Pelaku Pembaptisan Massal Ditangkap

04/03/2019, 14:26 WIT

Player CV Ubay Jaya Ditahan

08/03/2018, 13:02 WIT

Dana Ratusan Miliar Menguap

09/03/2018, 12:54 WIT

TKW Tewas Jatuh Saat Berusaha Kabur

07/09/2019, 12:18 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan