Senin, 09 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / MAJANG POLIS / Paskibra Mulai Jalani Masa Karantina

Paskibra Mulai Jalani Masa Karantina

Diposting pada 12/08/2019, 13:52 WIT
Sekretaris Kota Ternate M Tauhid Soleman saat menyamatkan tanda peserta kepada perwakilan Paskibra
Sekretaris Kota Ternate M Tauhid Soleman saat menyamatkan tanda peserta kepada perwakilan Paskibra

TERNATE - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ternate telah melakukan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), terhadap Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Ternate tahun 2019. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Vellya, Kelurahan Mangga Dua Utara, Ternate Selatan, Jumat (9/8).

Diklat sekaligus dikarantinanya anggota Paskibra Kota Ternate tahun 2019 ini dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate, Dr M Tauhid Soleman M.Si.

Kepada sejumlah wartawan Tauhid mengatakan, Diklat tersebut dimaksudkan untuk memaksimalkan tugas dan tanggung jawab Paskibra, menjelang perayaan HUT RI ke 74, tanggal 17 agustus 2019 mendatang.

"Diklat sekaligus Karantina ini bertujuan untuk menjaga konsentrasi mereka, karena menjelang hari H mereka sudah harus fokus  dan tidak boleh ada gangguan dari luar," ucap Tauhid.

Dirinya juga menitipkan harapannya agar seluruh anggota Paskibra Kota Ternate tahun 2019, dapat bertangung jawab dalam mengemban tugas dan amanat.

Dikesempatan yang sama, Kepala Bidang (Kabid) kepemudaan Dispora Kota Ternate Aswan Lampah juga mengungkapkan, personil paskibra yang menjalani masa karantina ini berjumlah 100 orang yang terdiri dari 47 putra dan 53 putri.

"Nanti dari 100 personil ini akan dibagi lagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok nusa yang bertugas sebagai pengibar bendera (pagi) dan kelompok bangsa yang bertugas untuk menurunkan bendera (sore),". Ucap Kabid yang biasa disapa Paman tersebut.

Lanjut Paman, terkait pengukuhan paskibra, rencanaya akan dilakukan pada tanggal 15 Agustus 2019, bertempat di gedung Dhuafa Center.

"Untuk penetapan, kelompok mana yang akan bertugas sebagai pengibar maupun penurunan bendera, baru akan kita umumkan pada tanggal 15 Agustus nanti, tepatnya di acara pengukuhan," ungkap Paman.

Sementara itu, pendamping pelatih Paskibra, Zunaidi Hadi yang ditemui Malut Post, Sabtu (10/8) menyatakan, seluruh personil akan menjalani masa karantina selama kurang lebih 10 hari, dimulai sejak tanggal 9 sampai dengan 18 Agustus 2019.

"Sekarang mereka sudah di karantina dan akan mengikuti pelatihan rutin bersama TNI Polri, pagi kita mulai jam 8 sampai jam 12 siang, kemudian sore kita lanjut jam 3 sampai jam 6," ungkap Zun, seusai melakukan pelatihan bersama personil Paskibra di Lapangan Salero.

Zunaidi juga mengutarakan tentang proses pelatihan yang sejauh ini berjalan dengan lancar tanpa di temui kendala apapun. (mg-01)

 

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan