Rabu, 21 Agustus 2019

 Headline
MALUT POST / / Yayasan Al-Awwaliyah Bangun Rumah Warga

Yayasan Al-Awwaliyah Bangun Rumah Warga

Diposting pada 13/08/2019, 14:05 WIT
DIALOG: Pembicara dalam dialog saat menyampaikan materi.
DIALOG: Pembicara dalam dialog saat menyampaikan materi.

Silaturahmi Keluarga Besar Topo dan Dialog Publik

YAYASAN Al-Awwaliyah Topo didirikan pada 21 September 2018. Saat ini, Yayasan Al-Awwaliyah baru berumur satu tahun. Meski baru berusia seumur jagung, Yayasan yang berkantor pusat di Kelurahan Topo, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan ini sudah membangun tiga unit rumah warga yang tak mampu. Sesuai dengan orientasi yayasan yakni bergerak di bidang sosial, Yayasan Al-Awwaliyah turut serta memberdayakan masyarakat dari kalangan ekonomi bawah sampai menengah.
Yayasan Al-Awwaliyah juga mendapat kucuran bantuan dana dari tiga pembina untuk menggerakkannya. Ketiga dewan pembina ini yakni H. Ardanan Salasa Ketua Dewan Pembina Yayasan Al-Awwaliyah sekaligus pendiri Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Bobato Lestari, H. Awat Ahmad Owner PT. Rusda, dan Hamid Ambarak Direktur Utama PT. Tosari Utama di Jayapura. Senin (12/8) kemarin, Yayasan yang diketuai Dr. Abbas Adam ini mengadakan silaturahmi keluarga besar Topo dan dialog publik dengan tema "Merintis Usaha Dari Nol Menuju Sukses" yang menghadirkan ketiga dewan pembina sebagai narasumber utama, bertempat di Aula Kantor Lurah Topo.
Ketua Yayasan Al-Awwaliyah, Dr. Abbas Adam mengatakan bahwa, Topo secara historis awalnya hanya saja, yakni Topo Gam atau sekarang ini Kelurahan Topo. Namun berkembangnya waktu, afiliasi masyarakat Topo di Kota Tidore menjadi tiga kelurahan dan dua dusun yakni Kelurahan Topo, Kelurahan Soadara, dan Kelurahan Topo 3, serta Dusun Pasigao di Oba Tengah dan Dusun Bukulasa di Oba Utara. Hadirnya yayasan ini, kata dia, selain bergerak di bidang sosial, juga menjadi wadah pemersatu bagi masyarakat Topo yang ada di tiga kelurahan dan dua dusun tersebut. "Upaya kita membantu masyarakat dalam membedah rumah juga memberdayakan masyarakat, hari ini kita buat silaturahmi dengan sengaja mengundang tiga pemateri yang mumpuni di bidang usaha. Ketiganya merupakan warga Topo yang kapasitas dan kompeten," katanya dengan harapan materi yang diberikan para pemateri bisa memotivasi masyarakat terutama generasi muda, sehingga ke depan generasi muda ini bisa merintis usahanya dan sukses seperti ketiga narasumber tersebut.
Sementara Ketua Dewan Pembina Yayasan, H. Ardanan Salasa menyampaikan bahwa pihaknya juga menginisiasi gerakan Rp 10.000 per orang selama sebulan untuk membantu mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami masyarakat. Selain itu, inti daripada yayasan adalah membina silaturahmi setiap tahunnya. "Kemudian yang penting sekali adalah memberdayakan masyarakat kita, beramal sosial sekaligus meningkatkan usaha masyarakat dengan keajaiban sedekah ini," ujarnya.
Menurutnya, saat ini pihaknya sudah membangun tiga rumah warga dan merencanakan dalam waktu dekat akan membangun satu rumah lagi. Rumah yang dibangun ini merupakan milik warga Topo di Tidore yang kurang mampu. Selain itu, Yayasan Al-Awwaliyah juga fokus pada pendidikan. Tahun ini, pihaknya membiayai satu warga Topo kurang mampu yang melanjutkan studi strata dua (S2). Dirinya berharap dengan adanya yayasan ini, bisa bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi wadah pemersatu masyarakat Topo. Silaturahmi dan diskusi ini dihadiri ratusan masyarakat Kelurahan Topo dan sesepuh warga Topo baik yang ada di Kota Tikep, maupun yang ada di Kota Ternate (cr-03/pn/lex)

Share
Berita Terkait

Sultan Tidore Apresiasi Rizal Ramli

05/04/2018, 12:36 WIT

Tak Terima, Yaser Marah

10/10/2018, 11:34 WIT

Tuan Rumah KKN Kebangsaan

19/02/2019, 09:25 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan