Kamis, 05 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / FEATURE / Berharap Keselamatan Pengguna Jalan Terjaga

Berharap Keselamatan Pengguna Jalan Terjaga

Diposting pada 14/08/2019, 14:15 WIT
TURUN LAPANGAN: Penyerahan perlengkapan pembersihan jalan secara simbolis dari Rudi Irawan kepada perwakilan dari Polda Malut dan Dishub Malut BPTD FOR MALUT POST
TURUN LAPANGAN: Penyerahan perlengkapan pembersihan jalan secara simbolis dari Rudi Irawan kepada perwakilan dari Polda Malut dan Dishub Malut BPTD FOR MALUT POST

Dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-74 dan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2019, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXIV Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar aksi nasional untuk pembersihan perlengkapan lalu lintas jalan keliling Pulau Ternate. Tujuannya untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan pengguna jalan.

Suryani S. Tawari, Ternate

SEBELUM turun lapangan, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXIV Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar apel gabungan dengan berbagai instansi di kantor BPTD, pukul 08:48 WIT Selasa (13/8). Kepala BPTD Wilayah XXIV Malut, Rudi Irawan mengatakan kantor BPTD Malut bekerja sama dengan Polda Malut, Dinas Perhubungan Malut, Dinas Perhubungan Kota Ternate dan PT Jasa Rahardja, melaksanakan gerakan nasional aksi bersih-bersih perlengkapan lalu-lintas jalan (Sipantas Jalan) di wilayah Pulau Ternate. “Kita awali aksi ini dengan apel pagi untuk sama-sama bersinergi dalam mengawal kenyamanan dan keamanan berlalulintas,” ujarnya.
Dia juga menginstruksikan agar seluruh fasilitas perlengkapan jalan dibersihkan sehingga fungsi dan makna rambu lalulintas dan perlengkapan lainnya, dapat dibaca oleh masyarakat sehingga keselamatan di jalan dapat ditingkatkan. Menurutnya, gerakan ini merupakan program Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia.
Menurutnya, jalan merupakan seluruh bagian jalan termasuk bagian bangunan perlengkapan dan perlengkapannya, yang diperuntukkan bagi lalulintas umum yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan rel dan jalan kabel. Perlengkapan jalan adalah fasilitas pada suatu jalan yang ditempatkan untuk keselamatan, keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta kemudahan bagi pengguna jalan dalam berlalu lintas. “Pemeliharaan perlengkapan jalan yang berupa kegiatan pemeliharaan berkala, dan pemeliharaan insidental pada perlengkapan yang diperlukan untuk mempertahankan kondisi dan kinerja perlengkapan jalan secara optimal, sehingga umur rencana yang ditetapkan dapat tercapai,” ujarnya.
Kegiatan pembersihan perlengkapan lalulintas jalan ini dilakukan selama dua hari hingga hari ini, dan difokuskan di semua peralatan lalulintas. Pada kesempatan itu Rudi Irawan menyerahkan alat pembersih perlengkapan jalan kepada perwakilan Polda Malut dan Dinas Perhubungan Malut. “Rambu lalu lintas ini sangat penting untuk dilakukan pemeliharaan sehingga fungsi dan tujuan utama sebagai peringatan, larangan, perintah dan petunjuk bagi pengguna jalan,” tuturnya.
Dengan adanya pemeliharaan dan aksi pembersihan ini, masyarakat dan pengguna jalan dapat mematuhi aturan yang berlaku demi keselamatan.(tr-02/pn/onk)

 

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan