Rabu, 21 Agustus 2019

 Headline
MALUT POST / HUKUM / PN Berupaya Tingkatkan Pelayanan

PN Berupaya Tingkatkan Pelayanan

Diposting pada 14/08/2019, 13:50 WIT
KINERJA: Petinggi PN Ternate dan Ombudsman berpose usai pertemuan.
KINERJA: Petinggi PN Ternate dan Ombudsman berpose usai pertemuan.

TERNATE - Pengadilan Negeri (PN) Ternate bersama Ombudsman Malut menggelar rapat koordinasi bersama yang dilangsungkan di ruang sidang Gamalama, PN Ternate, kemarin (13/8).
Kegiatan yang dihadiri seluruh hakim, pejabat PN dan staf pegawai di PN Ternate itu bertujuan untuk mengenalkan lembaga Ombudsman kepada aparatur di PN Ternate. Kegiatan itu juga bertujuan memperkenalkan keterkaitan antara lembaga Ombudsman dengan pelayanan publik yang prima di PN.
“Kami meminta saran dan kritik dari Ombudsman dalam peningkatan pelayanan publik bagi masyarakat. Kami menganggap Ombudsman adalah lembaga negara eksternal yang tentu sering dapat laporan dari masyarakat tentang pelayanan di pengadilan,” kata ketua Pengadilan Negeri Ternate, Moehammad Pandji Santoso, kemarin (13/8).
Lanjut Pandji, keluhan masyarakat tersebut diantaranya adalah komplain tentang jadwal sidang. Bahwa menunggu sidang yang terlalu lama. Bagi Pandji, keluhan masyarakat tentang hal tersebut sebenarnya tidak hanya murni dari pengadilan tetapi juga dipengaruhi oleh hal lain. Bila keluhan itu tentang kehadiran hakim dan panitera pengganti (PP) maka itu murni masalah pengadilan. Namun, kebanyakan masyarakat belum mengetahui dan membedakan mana hakim, mana jaksa dan mana kepolisian dalam suatu perkara.
Untuk mengantisipasi keluhan masyarakat tersebut, pihaknya telah melakukan berbagai inovasi diantaranya menyediakan meja pelayanan terpadu satu pintu. Memberi fasilitas ruangan yang sejuk. Keramahan petugas.
“Kami juga bedakan antara ruangan untuk pelayanan dengan ruang pengunjung sidang. Dalam waktu dekat, kami akan pindahkan ruang klinik kesehatan dan ibu menyusui dari lantai dua ke lantai satu bahkan akan dibuat musala juga,” ujar Pandji.
Bagi Pandji, inovasi pelayanan itu dilakukan agar masyarakat tidak lagi mengeluh tentang jadwal sidang yang seharusnya pagi diundur sampai sore. “Kami juga akan berkoordinasi dengan kejaksaan agar pengiriman tahanan tidak terlalu kesiangan,” pungkasnya. (aby/mg-07/lex)

Share
Berita Terkait

Pelaku Pembaptisan Massal Ditangkap

04/03/2019, 14:26 WIT

Player CV Ubay Jaya Ditahan

08/03/2018, 13:02 WIT

Dana Ratusan Miliar Menguap

09/03/2018, 12:54 WIT

Ayah Perkosa Anak Kandung

15/02/2018, 09:18 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan