Jumat, 06 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Kemenag Malut Gelar KSM Tingkat Provinsi

Kemenag Malut Gelar KSM Tingkat Provinsi

Diposting pada 15/08/2019, 14:06 WIT
SAMBUTAN: KAKANWIL Kemenag Malut H Sarbin Sehe saat membuka kegiatan KSM di Aula Asrama Transit Haji Ngade Ternate, Rabu (14/8)  HUMAS KEMENAG
SAMBUTAN: KAKANWIL Kemenag Malut H Sarbin Sehe saat membuka kegiatan KSM di Aula Asrama Transit Haji Ngade Ternate, Rabu (14/8) HUMAS KEMENAG

SOFIFI - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku Utara (Malut)  melaksanakan kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Malut sebagai ajang kompetisi bakat dan minat di bidang sains antar siswa madrasah se Malut.
    Kegiatan yang dimotori Bidang Pendidikan Islam Kemenag Malut ini di Aula Asrama Transit Haji Ngade Ternate, kemarin (14/8) itu resmi dibuka Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Malut H. Sarbin Sehe.
    Kakanwil saat menyampaikan sambutan mengatakan KSM merupakan salah satu kegiatan primadona pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun. “Kegiatan ini untuk mencari bibit-bibit peserta didik madrasah yang memiliki kompetensi akademik di bidang sains terintegrasi. Bahkan, KSM adalah salah satu kegiatan berorientasi mutu yang perlu terus dipertahankan,” jelas Sarbin.
KSM menurutnya dapat menjadi ajang evaluasi untuk mengukur tingkat keberhasilan proses belajar mengajar yang dilakukan di madrasah, salah satunya terkait seberapa besar penguasaan sains oleh siswa madrasah. “KSM juga sebagai media untuk menggali dan mengembangkan potensi, bakat dan minat siswa, serta motivasi terhadap siswa madrasah untuk terus berprestasi dalam bidang sains terintegrasi,” jelasnya.
Ketua Nahdatul Ulama (NU) Malut itu juga berharap melalui KSM ini akan melahirkan siswa madrasah yang berprestasi dalam bidang sains, tetapi juga dapat mempertahankan ciri khas siswa madrasah. “Yaitu menguasai pengetahuan keagamaan, memiliki akhlak yang mulia, serta taat menjalankan ibadah,” paparnya.
Mengakhiri sambutannya, Sarbin mengajak siswa-siswi madrasah peserta KSM untuk berprestasi tanpa narkoba, menanamkan sifat sportivitas, mampu mengakui dan menghormati kelebihan dan kemenangan orang lain serta tidak mudah berputus asa ketika tidak mendapat sesuatu yang diinginkan.
Pembukaan KSM tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat, di antaranya Kapolres Kota Ternate, Pejabat Eselon III Kanwil, seluruh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se Malut, Pejabat Eselon IV Kemenag Malut, Pengawas dan Kepala Madrasah.
Sementara itu, kompetisi yang diikuti oleh 260 peserta dari siswa dan siswi Madrasah perwakilan Kabupaten/Kota tersebut dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada hari Kamis (15/08), menggunakan sistem Computer Base Test (CBT). Tempat pelaksanaannya dibagi menjadi tiga titik, yakni MTsN 1 Ternate, MAN Model Ternate dan MA Swasta Kalumpang Ternate.
KSM tingkat provinsi tersebut dilaksanakan sebagai kompetisi dalam menjaring siswa yang akan diikutsertakan ke KSM tingkat Nasional di Manado Provinsi Sulawesi Utara 16 September mendatang.
Ditemui setelah pembukaan, Kepala Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kemenag Malut, H. Basir Abdurrazak, mengatakan KSM merupakan ajang kompetisi bakat dan minat di bidang sains antar siswa madrasah di seluruh Indonesia.
Menurut H. Basir, pelaksanaan KSM dibuat berjenjang mulai dari tingkat satuan pendidikan (Madrasah), baik Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) kemudian tingkat Kabupaten/Kota yang telah dilaksanakan di sepuluh Kabupaten/Kota se Malut dan saat ini KSM Provinsi, hingga nanti di tingkat Nasional. “Kita berharap kompetisi ini mampu mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang sains, menjadikan insan yang mencintai bidang keilmuan, mampu berkompetisi di tingkat Nasional tanpa mengurangi ciri khas madrasah, yakni penanaman nilai-nilai agama,” pungkasnya.(udy/hms/adv/jfr/*)

 

Share
Berita Terkait

Sultan Tidore Apresiasi Rizal Ramli

05/04/2018, 12:36 WIT

Tak Terima, Yaser Marah

10/10/2018, 11:34 WIT

Tuan Rumah KKN Kebangsaan

19/02/2019, 09:25 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan