Rabu, 11 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Kelurahan Tomalou Juara Lomba

Kelurahan Tomalou Juara Lomba

Diposting pada 19/08/2019, 13:48 WIT
PRESTASI: Lurah Tomalou ketika menerima piala sebagai juara.
PRESTASI: Lurah Tomalou ketika menerima piala sebagai juara.

TIDORE - Setelah melewati rangkaian penilaian yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kelurahan Tomalou ditetapkan sebagai juara 2 lomba Kelurahan Tingkat Nasional. Dari 15 titik format penilaian menggunakan permendagri 81 Tahun 2015 terkait inovasi desa dan kelurahan.

 

Dalam pemaparannya, Lurah Tomalou Ishak Lukman, menyampaikan bahwa Tomalou sebagai kelurahan yang terletak di pesisir pantai, sehingga memiliki keunggulan di bidang perikanan yang sebagian besar dijual ataupun diolah dalam bentuk abon ikan. Dalam menjalankan kegiatan pemerintahannya, lurah tidak bekerja sendirian, tetapi didukung lembaga kemasyarakatan seperti Yayasan Kesejahteraan Nurul Bahar dan Gerbong Desa. Lembaga ini memiliki kegiatan sosial keagamaan yang berkontribusi sangat besar dalam peningkatan kesadaran religius dan semangat tolong menolong antar sesama, sehingga mampu memotifasi masyarakat dalam kegiatan swadaya termasuk pengumpulan dana 1.6 M untuk pembelian satu unit ekskavator. Sementara gerbong desa membantu pemerintah kelurahan mengatasi masalah sampah, penyalahgunaan zat adiktif, dan wisata bahari. "Kerja sama ini dituangkan dalam zona pemberdayaan terintegrasi. Berkatnya intensnya koordinasi dan kerja sama, hingga Kelurahan Tomalou menjadi seperti ini," ujarnya.

Sementara Wali Kota Capt. Ali Ibrahim memberikan apresiasi kepada masyarakat dan Pemerintah Kelurahan Tomalou, Camat beserta jajarannya dan instansi teknis yang telah berkolaborasi dan berkontribusi dalam prestasi ini. Wali Kota berharap kelurahan dan desa dapat menjadikan keunggulan Kelurahan Tomalou sebagai bahan pembelajaran untuk dapat mendorong pembangunan di masing-masing Desa dan Kelurahan.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Gerbong Desa Abd Gani Fardanan,  bahwa sebagus apapun program jika tidak didukung oleh masyarakat, maka tidak akan berhasil. "Oleh sebab itu, masyarakat harus bersatu dan memberikan dukungan penuh," tutupnya.

Sekadar diketahui, acara pengumuman dan penyerahan hadiah juara lomba kelurahan bertempat di Gedung Pertemuan Hotel Discoveri Ancol Jakarta Utara pada tanggal 15 Agustus 2019. (cr-03/pn/lex)

Share
Berita Terkait

Sultan Tidore Apresiasi Rizal Ramli

05/04/2018, 12:36 WIT

Tak Terima, Yaser Marah

10/10/2018, 11:34 WIT

Tuan Rumah KKN Kebangsaan

19/02/2019, 09:25 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan