Jumat, 13 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / 52 Napi Dapat Remisi HUT RI

52 Napi Dapat Remisi HUT RI

Diposting pada 19/08/2019, 13:45 WIT
REMISI: Bupati Danny Missy saat menyerahkan remisi HUT kemerdekaan kepada 52 narapidana (napi) penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Jailolo, Sabtu (17/8) akhir pekan.
REMISI: Bupati Danny Missy saat menyerahkan remisi HUT kemerdekaan kepada 52 narapidana (napi) penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Jailolo, Sabtu (17/8) akhir pekan.

JAILOLO – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74, Sabtu (17/8) membawa angin segar bagi narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Jailolo. Pasalnya, dari jumlah 74 napi, 52 diantaranya mendapat remisi HUT kemerdekaan yang ditetapkan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkun HAM).”Sisanya yang tidak diberikan remisi ini karena masih menjalani proses sidang, dan ada yang menjalani proses tahanan tambahan ganti rugi atau denda yang tidak diselesaikan,”kata Kepala Lapas Supriyadi, Sabtu (17/8) akhir pekan.

    Selain itu, narapidana tindak pidana korupsi (tipikor) tidak mendapat remisi."Yang dapat remisi 1 bulan sebanyak 19 orang, remisi 2 bulan 4 orang, remisi 3 bulan 19 orang, remisi 4 bulan 7 orang, remisi 5 bulan 3 orang dan satu orang sementara diusulkan remisi umum susulan,"ucapnya. Sementara Bupati Danny Missy saat menyerahkan penetapan remisi mengatakan, kondisi Lapas saat ini mendapat perhatian serius dari pemerintah, karena kelebihan penghuni di atas seratus persen, sehingga saat ini menjadi sumber segala permasalahan. Bahkan, terkadang menjadi alasan terjadinya penyimpangan di Lapas."Masih banyak kita dengar adanya dugaan pengendalian dan peredaran narkoba, penyalahgunaan ponsel dan pungutan liar yang terjadi didalam Lapas. Semuanya berakar pada masalah kelebihan penghuni,"katanya.

       Danny mengaku, langkah dan upaya pembenahan melalui program revitalisasi penyelenggaraan pemasyarakatan harus terus dilakukan. Program penyelenggaraan pemasyarakatan sangat sesuai dengan tema perayaan HUT RI Ke-74, yaitu sumber daya manusia unggul Indonesia maju. Dimana-mana semua berkeinginan fokus dalam upaya meningkatkan SDM. Karena itu, solusi permasalahan pemasyarakatan diselesaikan melalui cara program pembinaan. Sehingga dapat mengantarkan napi menjadi manusia yang berkualitas, terampil, dan mandiri agar kemudian napi mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan SDM yang mendukung dan memajukan perekonomian nasional,"pungkasnya.

       Hadir dalam acara pemberian remisi HUT Kemerdekaan oleh bupati ini adalah, Wakil Bupati Ahmad Zakir Mando, Ketua DPRD Juliche D Baura, Wakil Ketua I DPRD Ibnu Saud Kadim, Wakil Ketua II DPRD Nikodemus H David, Kajari Halbar Salomina Meyke Saliama, Kalapas IIB Jailolo Supriyadi, Kapolres AKBP Deny Heryanto SIK dan Wadanyon Kapten Infanteri Eko Kristanto.(din/met)
      

Share
Berita Terkait

Jokowi Menang Telak di Desa Danny

18/04/2019, 13:04 WIT

Danyonif RK 732/Banau Berganti

07/12/2018, 12:50 WIT

Sehari, Empat Tewas di Jalan

12/03/2018, 12:37 WIT

Jembatan Goin - Kedi Tuntas 2020

22/07/2019, 14:17 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan