Sabtu, 14 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / POLITIK / AGK Kembali Rombak Kabinet

AGK Kembali Rombak Kabinet

Diposting pada 19/08/2019, 13:56 WIT
PELANTIKAN; Burhan Mansur saat menandatangani berita acara pelantikan yang disaksikan Gubernur AGK usai pelantikan, Jumat (16/8) lalu
PELANTIKAN; Burhan Mansur saat menandatangani berita acara pelantikan yang disaksikan Gubernur AGK usai pelantikan, Jumat (16/8) lalu

SOFIFI - Gubernur Provinsi Maluku Utara (Malut), Abdul Gani Kasuba (AGK) kembali melantik  pejabat eselon II dan III di lingkup Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Malut, Jumat (16/8) lalu.  

Pejabat yang dilantik di lantai empat Kantor Gubernur Malut itu, dua di antaranya merupakan pejabat eselon II, yakni Burhan Mansur dan Imam Mahdi. Burhan dilantik berdasarkan SK Mendagri Nomor : 821.22-3711 Tahun 2019 sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Sebelumnya, Burhan adalah Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Malut.

Sementara Imam Mahdi Hasan dilantik sebagai Kadis Infokom Malut menggantikan posisi Burhan sebelumnya.  Imam Mahdi dan puluhan pejabat lainnya tersebut dilantik berdasarkan SK Gubernur Nomor : 821.2/KEP/148/2019, Tanggal 15 Agustus 2019, tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Jabatan Administrasi.   

Jabatan Imam Mahdi sebelumnya sebagai Kadis Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Malut dikabarkan bakal diisi oleh Hasyim Daeng Barang sebagai penjabat sementara.

Selain Hasyim, Fachruddin Tukuboya juga dikabarkan bakal mengisi jabatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Malut. Hanya saja berdasarkan informasi yang dihimpun Malut Post, kedua orang ini belum mendapat SK Pelaksana Tugas (Plt) dari Gubernur.

Berdasarkan SK pelantikan, Hasyim yang juga ajudan Gubernur Malut ini dilantik sebagai Kepala Bidang Mineral dan Batubara Dinas ESDM Malut. Sementara Fachrudin Tukuboya dilantik sebagai Kepala Bidang Pengendalian  Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Malut. Sedangkan Abudjan Abdulatif dilantik sebagai Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Malut.

Selanjutnya, Halim Muhammad dilantik sebagai Kepala Bidang Geologi dan Air Tanah Dinas ESDM Malut, Reni Wowor dilantik sebagai Sekretaris Inspektorat Malut, Syahrir sebagai Inspektorat Pembantu Wilayah I Inspektorat Malut. Untuk Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Malut dijabat Moh. Fitra U. Ali. Sementara posisi Inspektorat Pembantu Wilayah III Inspektorat Malut diisi oleh Yusran Yunus.

Nama Nani Riayi Pakaya juga dilantik pada Jumat lalu. Nani dilantik sebagai Inspektorat Pembantu Wilayah II Inspektorat Malut. Sementara Sofyan Tomadehe dilantik sebagai Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Pangan Malut dan Hamid Madjid dilantik sebagai Sekretaris Dinas Pertanian Malut. Sedangkan Djunaidy Igirisa dilantik sebagai Kepala Bidang Perlengkapan, Biro Umum Setda Malut.  

Selanjutnya, sejumlah nama pejabat eselon III lainnya yang dilantik Gubernur pada pelantikan tersebut, yakni Mirzah Ahmad dilantik sebagai Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Zumarlan R. Kaliobas sebagai Kepala Bidang Pengendalian, Evaluasi dan Palaporan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Malut, Arief Mahmud sebagai Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Malut, Umar Abdul Kadir sebagai Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial Malut.

Sementara Bahrudin Kadir dilantik sebagai Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dinas Pangan Malut, Jamila Hi. Salim sebagai Kepala Balai Pelabuhan Perikanan Pantai Wilayah V Dinas Kelautan dan Perikanan Malut, Ir Nurjannah Ali sebagai Kepala BPTHP Dinas Pertanian Malut, Muhammad Kacoa sebagai Kepala UPTB Samsat Kabupaten Pulau Morotai Dinas BPKPAD Malut, Nasarudin Baro sebagai Kepala Seksi Lalulintas Jalan,  Dinas Perhubungan Malut, Darwin Salmin sebagai Kepala Seksi Angkutan dan Terminal Dinas Perhubungan Malut, Yudhitya Wahab sebagai Kepala Seksi Angkutan Sungai, Danai dan Penyeberangan Dinas Perhubungan Malut.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga melantik Abdul Kadir Usman sebagai Kepala Seksi Pertanahan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Malut, Maftuch Iskandar Alam sebagai Kepala Seksi Pengerukan dan Reklamasi dan Pelabuhan Dinas Perhubungan Malut, Ilham sebagai Kepala Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan Pemerintah Daerah Biro Pemerintahan dan Otda Setda Malut, dan Iwan Setiawan sebagai Kepala Seksi Pemetaan Wilayah Izin Perusahaan Mineral Logam dan Batubara Dinas ESDM Malut.

Usai melantik, AGK langsung bergegas menuju Kantor DPRD untuk mengikuti rapat pengesahan Kebijakan Perubahan Umum Plafon Anggaran Kesepahaman Anggaran dan Prioritas Sementara (KUPA-PPAS) Perubahan Tahun 2019.

Ketika dicegat awak media, AGK menyatakan, pengangkatan dan pemberhentian jabatan merupakan hal biasa dalam pemerintahan. "Itu hal biasa. Ini terkait urusan orang banyak," ujarnya.

AGK berharap, 29 pejabat yang sudah dilantik itu bekerja secara maksimal sesuai tanggungjawab yang diberikan. "Saya percaya saudara-saudara yang dilantik akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan tugas dan tanggungjawab yang diberikan," tandasnya.

Sementara Fachrudin Tukuboya kepada Malut Post mengaku akan menjalankan amanat tersebut baik. "Jabatan itu amanat dan Pak Gubernur punya hak prerogatif tentu dengan melihat syarat-syarat normatif dan kompetensi staf. Pak Gubernur sangat memahami itu. Sebagai ASN saya siap ditempatkan di mana saja. Apresiasi dan terima kasih kepada Pak Gubernur yang telah mempercayakan saya di posisi baru di Dinas LH," imbuhnya.

Fachrudin menuturkan, LH punya tantangan sendiri. Karena itu,  konsep yang akan dilakukan ke depan, yakni localise Sustainable development Goals (localise SDGs). "Saat ini Indonesia menjadi produsen sampah plastik terbesar kedua di dunia.  Dalam konteks pembangunan daerah, Malut harus siap untuk membangun dan mendukung dengan konsep localise Sustainable development Goals (localise SDGs)," ujarnya.

Terpisah,  Kadis Dukcapil,  Burhan Mansur menyampaikan, sebagai orang baru di Dukcapil ia akan beradabtasi dan mempelajari kerja-kerja Kependudukan.

Kendati demikian, pria yang dasar keilmuannya di Perhubungan ini mengaku tetap siap menjalankan tugas dan tanggungjawab selaku pimpinan SKPD. "Sebagai ASN saya tetap siap menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan," tukasnya. (cr-01/jfr) 

Share
Berita Terkait

Jokowi-Ma’ruf di Atas Angin

18/04/2019, 14:36 WIT

SS DPR RI Diduga Disembunyikan

18/04/2019, 14:25 WIT

Pemprov Dapat 378 Formasi

10/09/2018, 12:49 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan