Sabtu, 21 September 2019

 Headline
MALUT POST / MAJANG POLIS / Lazis Wahdah Malut Berqurban di Lokasi Gempa

Lazis Wahdah Malut Berqurban di Lokasi Gempa

Diposting pada 20/08/2019, 14:26 WIT
BERBAGI: Relawan Lazis Wahda Malut saat berqurban di lokasi Kempa Halsel, pada hari raya qurban
BERBAGI: Relawan Lazis Wahda Malut saat berqurban di lokasi Kempa Halsel, pada hari raya qurban

TERNATE - Lazis Wahdah Malut kembali menerjunkan relawan untuk melaksanakan pemotongan qurban di lokasi gempa.  Relawan 06 ini diberangkatkan dari Ternate pada tanggal 9 Agustus 2019 menuju Gane Barat via jalur darat, yang di pimpin oleh Ust. Rudi Hi Nasir (koordinator lapangan) dan Ust. Rusman Mandu (koordinator program). Selain itu, didampingi oleh tim Wahdah Peduli Malut, Slamet Cahyo, Rahmad  Amri, Tabhir Esa dan Iswan Adam.
Mereka rela meninggalkan anak dan istri di saat hari raya Idul Adha, demi melaksanakan program “Tebar Qurban Nusantara” di lokasi Gempa, yang bekerja sama dengan Lazis Wahdah Pusat dengan Lazis Wahdah Malut dan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS Maluku Utara). Setibanya di  Kecamatan Gane Barat desa Fulai, Tim membeli hewan Qurban 4 ekor Sapi  dan 20 ekor Kambing.
"Sengaja hewan-hewan Qurban ini kami beli di lokasi gempa, agar memutar perekonomian masyarakat di daerah yang terdampak bencana,” tandas ketua Yayasan Pondok Pesantren Wahdah Islamiyah, Ustad Rusman Mandu.
Hewan Qurban tersebut disembelih di desa Fulai pada tanggal 13 Agustus 2019. Pelaksanaan penyembelihan dibantu dengan tim Lazis Wahdah dari Obi dan Tim KKSS Malut. Kemudian daging Qurban dipaketkan perkilo dan didistribusikan melalui jalur laut menggunakan long booth ke desa-desa di pesisir Gane Barat Selatan, diantaranya desa Fulai, Koititi, dan Gane Dalam.
Lazis wahdah Malut juga bekerjasama dengan DPD Wahdah Islamiyah Ternate, melaksanakan penyembelihan  hewan qurban pada hari Raya Idul Adha di Pondok Pesantren Moloku Kie Raha Koloncucu Ternate, sebanyak 7 ekor sapi dan 7 Ekor Kambing, dan didistribusikan kepada warga sekitar. Selain menyalurkan hewan Qurban, Tim relawan 06 ini juga menyalurkan bantuan dari KKSS Malut berupa alat tulis dan tas Sekolah ke sekolah-sekolah yang rusak berat maupun ringan.
Ustaz. Ruslan S. Hi Rajab, Ketua Lazis Wahdah Malut saat dihubungi di Ternate mengatakan ini adalah yang ke enam kalinya LAZNAS Wahda Malut mengirim tim ke lokasi bencana untuk menyalurkan bantuan sekalian berqurban di lokasi bencana. Beliau mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para donatur diantaranya, LAZNAS Wahdah Pusat, Muslima Wahdah Pusat, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS-IWSS Maluku Utara), Hi Andi Rajman Makka, Dan Bapak Firdaus Uno, yang telah mempercayakan LAZNAS Wahdah Maluku Utara Sebagai salah satu lembaga penyalur daging Qurban di daerah-daerah yang terkena dampak bencana alam.
“Amana ini akan selalu kami emban sebagaimana motto kami "Melayani dan Memberdayakan". Harapan kami kedepan, semoga semakin banyak lagi orang-orang yang mau berqurban untuk saudara-saudara kita di pelosok Halmahera. Semoga Allah Subhana wa ta’ala memberikan balasan yang berlipat ganda dan kita semua terhindar dari segala bencana …Aamiin.,” ucapnya. (pn/yun)

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan