Senin, 16 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Pelayanan Pemulangan Jamaah Haji Dimatangkan

Pelayanan Pemulangan Jamaah Haji Dimatangkan

Diposting pada 21/08/2019, 14:26 WIT
RAPAT: Suasana rapat lintas sektoral membahas pematangan pelayanan pemulangan jamaah haji Malut, baru-baru ini HUMAS KEMENAG FOR MALUT POST
RAPAT: Suasana rapat lintas sektoral membahas pematangan pelayanan pemulangan jamaah haji Malut, baru-baru ini HUMAS KEMENAG FOR MALUT POST

SOFIFI - Dalam rangka persiapkan kepulangan jamaah haji asal Maluku Utara yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 7, 8 dan 9 embarkasi/debarkasi Makassar yang tinggal menghitung hari, Biro Kesra dan Kanwil Kemenag Provinsi Malut dan Panitia Penyelenggara Haji Daerah (PPIHD) menggelar rapat koordinasi lintas sektoral.
Rapat yang berlangsung  di Hotel Grand Dafam Bela Ternate, Senin (19/08) itu membahas sejumlah kesiapan teknis terkait pemulangan persiapan, biak di Makassar saat  jamaah tiba dari Jeddah, maupun kembali ke Ternate hingga ke kabupaten/kota masing-masing. Pertemuan yang berlangsung satu hari itu, dihadiri oleh sejumlah instansi terkait, di antaranya Maskapai Penerbangan Lion Air, Polres Ternate, pihak otoritas bandara serta Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara.
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara  H. Sarbin Sehe usai pertemuan mengatakan,  dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap jamaah haji, bersama pihak maskapai penerbangan Lion Air disepakati, proses boarding dan pemeriksaan extray jamaah haji saat hendak pulang ke Ternate dari Makassar. .”Direncanakan dilakukan di asrama Haji Sudiang Makassar. Usai boarding dan pemeriksaan extray, kata Sarbin, para jamaah kemudian langsung menuju ke pesawat tanpa melalui terminal penumpang, sehingga para jamaah tidak perlu lagi mengantri di terminal bandara untuk pemeriksaan extray,” ujar Sarbin.
Proses boarding dan pemeriksaan extray di asrama Haji Sudiang Makassar ini menurut Kakanwil, diperkirakan bisa mengurangi waktu dua sampai tiga jam dibandingkan  proses extray yang berlangsung di bandara mengingat padatnya penumpang di bandara, baik penumpang reguler maupun jamaah haji. "Tahun-tahun sebelumnya proses pemeriksaan ekstrak berlangsung di bandara menyebabkan antrian panjang sehingga memakan waktu lebih dari empat jam," ujarnya.
Dikatakan, jamaah haji Maluku Utara kebanyakan adalah para lansia, sehingga sangat riskan jika terlalu lelah mengantri. “Apalagi para jama'ah baru saja melalui proses ibadah haji dan perjalan panjang dari Jeddah yang menguras energi,” imbuhnya.
Dia berharap dengan perubahan pelayanan boarding dan pemeriksaan extray ini, waktu jamaah beristirahat lebih banyak dan dalam kondisi bugar kembali ke daerah masing-masing.
Untuk diketahui, jadwal pemulangan jamaah haji Malut dari Emberkasi Makassar ke Ternate sendiri, yakni  Kloter 7 flight 1,2 dan 3 hari pertama berangkat dari Jeddah Kamis, 22 Agustus 2019 tiba di Makassar Jumat 23 Agustus 2019 selanjutnya  berangkat dari Makassar ke Ternate Sabtu, 24 Agustus 2019, 2.    Kloter 8 Flight 1, 2 dan 3 hari kedua berangkat dari Jeddah pada Jumat 23 Agustus 2019 tiba di Makassar, Jumat 23 Agustus 2019 selanjutnya berangkat dari Makassar ke Ternate pada Minggu 25 Agustus 2019.  Dan kloter 9 berangkat dari Jeddah pada Jumat 23 Agustus 2019 tiba di  Makassar, Sabtu 24 Agustus 2019 selanjutnya berangkat dari Makassar ke Ternate Senin 26 Agustus 2019. (udy/adv/jfr/*)

Share
Berita Terkait

Sultan Tidore Apresiasi Rizal Ramli

05/04/2018, 12:36 WIT

Tak Terima, Yaser Marah

10/10/2018, 11:34 WIT

Tuan Rumah KKN Kebangsaan

19/02/2019, 09:25 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan