Sabtu, 14 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Masalah di NHM Bakal Berakhir

Masalah di NHM Bakal Berakhir

Diposting pada 21/08/2019, 14:18 WIT
KOMPAK: Foto bersama pihak manajemen PT. NHM bersama para serikat pekerja usai menggelar pertemuan Selasa (20/8) tadi malam
KOMPAK: Foto bersama pihak manajemen PT. NHM bersama para serikat pekerja usai menggelar pertemuan Selasa (20/8) tadi malam

TOBELO - Manajemen PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) akhirnya menggelar pertemuan secara maraton bersama seluruh serikat pekerja. Langkah yang dilakukan pihak manajemen ini adalah bentuk tanggapan dalam menyikapi tuntutan serikat pekerja selama beberapa pekan belakangan. Pertemuan secara maraton ini berlangsung sejak Minggu hingga Selasa (20/8) malam tadi.
PK FPE KSBSI PT NHM, Iswan Ma’ruf mengungkapkan, dalam pertemuan tersebut sejumlah kesepakatan akhirnya dicapai. Kesepakatan itu ditandatangani langsung Presiden Direktur NHM Anang R Noor bersama perwakilan serikat pekerja.
Kesepakatan yang dicapai yakni menghormati, menjalankan, serta menaati Perjanjian Kerja Bersama (PKB) NHM dengan karyawan. PKB tetap akan berlaku pada dan setelah tanggal terjadi divestasi atau akuisisi.
Selain itu, menjalankan Pasal 67 PKB. Isi pasal itu sendiri merujuk pada apabila tidak terjadi divestasi atau akuisisi, pekerja tidak berhak mengajukan permohonan pemutusan hubungan kerja atau tidak bersedia melanjutkan pemutusan hubungan kerja (PHK). Namun apabila terjadi divestasi atau akuisisi, setiap pekerja dapat mengajukan permohonan PHK. Dan apabila permohonan disetujui, pekerja berhak atas pembayaran PHK sesuai pasal 67 ayat 1 PKB.
Selanjutnya, apabila pekerja tidak mengajukan permohonan PHK, pekerja akan menerima pembayaran uang penghargaan yang akan dibahas oleh serikat pekerja dan manajemen dan pekerja akan tetap berhak atas hak-haknya sesuai PKB dan sesuai pasal 67 ayat 2 PKB.
Serikat pekerja dan manajemen NHM akan melanjutkan perundingan pada 28 Agustus 2019 mendatang untuk merumuskan tata cara penerapan pasal 67 ayat 2 dan pembayaran yang akan diberikan. “Jadi kesepakatan ini ditandatangani dalam enam naskah asli, selain Manajemen dan Wakil-wakil Serikat, juga ada perwakilan Disnaker Provinsi dan Kabupaten Halut," ungkap Iswan.
Sementara Manajemen PT NHM melalui External Communication, Ramdani Sirait menyatakan, Manajemen menyambut baik diteruskannya pembicaraan dengan serikat pekerja yang juga dihadiri perwakilan dari Kementerian Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja Provinsi dan Kabupaten, Perwakilan Serikat Pekerja Nasional dan Asosiasi Pengusaha Indonesia. “Kesepakatan dengan serikat pekerja adalah hasil positif dari komunikasi yang baik,” pungkasnya.(cr-04/aji)  

 

Share
Berita Terkait

TKA Tiongkok Kuasai Malut

26/01/2019, 15:24 WIT

Oknum Anggota DPRD Halut Pesta Miras

06/02/2018, 15:55 WIT

Tutup Tambang Roko

07/02/2018, 13:57 WIT

Ketua KPU Halut Nyaris Dipukul Napi

18/04/2019, 13:16 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan