Senin, 09 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Gelombang II Penerimaan Maba Unipas Selesai

Gelombang II Penerimaan Maba Unipas Selesai

Diposting pada 22/08/2019, 14:27 WIT
SELEKSI: Calon mahasiswa baru Unipas ikut seleksi.
SELEKSI: Calon mahasiswa baru Unipas ikut seleksi.

DARUBA -  Universitas Pasifik (Unipas) Morotai, Senin (19/20) telah selesai melaksanakan seleksi penerimaan calon mahasiswa baru (Maba) gelombang II untuk tahun akademik 2019-2020.

Seleksi gelobang II yang dibuka sejak 18 Juli hingga 18 Agustus itu, diikuti sebanyak 150 peserta yang tersebar pada 11 Program Studi yang dipusatkan di kampus Lemonade.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiwa Baru (PMB) sekaligus Wakil Rektor I UNIPAS, Subhan Hayun, kepada Malut Post menjelaskan, Sebelumnya,  seleksi masuk untuk Calon Maba gelombang ke I Unipas, telah berlangsung pada 2 hingga 17 Mei lalu, dimana sebanyak 183 orang calon Maba telah terdaftar. Ditambah dengan 150 calon Maba yang sudah teregistrasi pada gelombang kedua, hingga total keseluruhan Maba yang masuk ke Unipas untuk tahun akademik 2019-20 sebanyak 336.  Selain jalur mandiri, Unipas juga telah menerima sebanyak 15 calon Maba dengan mengikuti jalur beasiswa Bidik Misi. “Untuk peserta yang mengikuti seleksi khusus beasiswa Bidik Misi, mereka yang terdaftar sebanyak 15 orang, dimana seluruhnya telah mengikuti tahapan seleksi yang dilaksanakan oleh Panitia Penerimaan Maba (PMB) bersama dengan bagian kemahasiswaan,” jelas Subhan Hayun.

Lebih lanjut dikatakan Subhan, beasiswa Bidik Misi yang disediakan di Unipas, merupakan beasiswa yang berasal dari Dirjen Belmawa Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).  Beasiswa ini diprioritaskan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik bagus, namun secara ekonomi tergolong kurang mampu. “Untuk siapa saja yang lolos dan mendapatkan beasiswa bidik misi, Hasilnya akan diumumkan beberapa hari kedepan setelah panitia melakukan validasi data peserta,” lanjutnya.

Subhan menambahkan, dalam pengembangan Perguruan Tinggi di kabupaten pulau Morotai, Unipas juga telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai, dimana Pemkab telah memberikan beasiswa kepada seluruh mahasiswa di Unipas dengan membebaskan biaya pendidikan pada setiap semesternya. "Selain beasiswa, Pemkab juga menyerahkan bantuan berupa fasilitas gedung kuliah, laboratorium. Bahkan untuk tahun 2019 ini, Pemkab berencana membangun gedung Rektorat dan Auditorium dilokasi kampus baru Lemonade, serta memberikan kesempatan kepada alumni Unipas dan pengajar untuk meningkatkan SDM dengan melanjutkan studi S2,” terang Subhan seraya mengajak kepada seluruh masyarakat Maluku Utara, khususnya bagi warga Kabupaten Pulau Morotai untuk ikut mendorong pembangunan pendidikan di Morotai.(tr-04/pn/Lid)

Share
Berita Terkait

Warga Antusias ke TPS

18/04/2019, 12:43 WIT

Oknum PNS Cabuli 3 Siswa SMP

24/02/2018, 09:57 WIT

Pembentukan Kodim Morotai Kian Dekat

26/09/2018, 09:10 WIT

Diduga Selingkuh, Guru Dianiaya

09/02/2018, 14:08 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan