Rabu, 11 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Gandeng LPMP Gelar SPMI di Haltim

Gandeng LPMP Gelar SPMI di Haltim

Diposting pada 26/08/2019, 15:08 WIT
PENDIDIKAN: Sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sekolah Model yang dilaksanakan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Malut bekerja sama Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Haltim, Kamis (22/8) M. KABIR/MALUT POST
PENDIDIKAN: Sosialisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sekolah Model yang dilaksanakan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Malut bekerja sama Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Haltim, Kamis (22/8) M. KABIR/MALUT POST

MABA – Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Halmahera Timur bekerja sama Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Maluku Utara menggelar kegiatan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Kecamatan Wasile Selatan, Kamis (22/8). Kegiatan yang berlangsung di SMA Negeri 4 Halmahera Timur ini dipimpin langsung Kepala Sekolah (kepsek) Harun Sehat,S.Pd.

  Peserta yang hadir terdiri dari empat sekolah model. Masing-masing SMA Negeri 3 Halmahera Timur, SMA Negeri 4 Halmahera Timur, SMK Negeri 2 Halmahera Timur, dan SMK Swasta Muhammadiyah Haltim."Kegiatan berlangsung tiga hari. Yakni Kamis (22/8) hingga Sabtu (24/8) di SMAN 4 Halmahera Timur sebagai Sekolah Model dan SMAS Taman Siswa Haltim serta SMAS Cyrus Haltim sebagai sekolah imbas,"kata Kepala Cabang Dikbud Haltim Muhammad Zufriyadi S.Si, M.M, Minggu (25/8).  

  Program SPMI ini diawali dengan pembentukan Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD) untuk Dikmen dan Dikdas dengan tugas melakukan pembinaan, pembimbingan, pendampingan, dan supervisi terhadap satuan pendidikan sebagai upaya pengembangan SPMI-Dikdasmen di satuan pendidikan pada pendidikan menengah dan pendidikan khusus, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah."Jadi Setelah dibentuk TPMPD langsung dilaksanakan pelatihan Fasilitator Daerah (FasDa) setiap kabupaten/kota termasuk Halmahera Timur oleh LPMP,"jelasnya.  

    Karena itu, diharapkan setelah kegiatan ini sekolah model, sekolah imbas setidaknya bisa memperbaiki 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Ada peningkatan mutu dari 8 SNP tahun sebelumnya atau sasaran  4 standar yang melekat di satuan pendidikan untuk ditingkatkan."Kami juga mengapresiasi pihak LPMP atas bantuannya melatih setiap fasilitator daerah sehingga kegiatan penjaminan mutu bisa terlaksana hingga selesai,"ucapnya.

   Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi upaya stakeholder sebagai pihak eksternal yang membantu peningkatan mutu pendidikan di Halmahera Timur khusus pendidikan menengah."Apresiasi kepada PT Aneka Tambang dengan program SDP (School Development Program) yang membantu SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 12 Halmahera Timur dalam peningkatan kompetensi serta mutu dengan anggaran yang bersumber dari CSR PT Aneka Tambang Tbk,"ucapnya.(ado/adv/met)

 

Share
Berita Terkait

80 Pemilih Coblos Dua SS

18/04/2019, 13:29 WIT

Calon Pengantin Gantung Diri

21/01/2019, 12:03 WIT

PT Antam Tinjau Kembali Hasil Tes

28/04/2018, 13:27 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan