Rabu, 11 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / NASIONAL / Buya Syafii Minta Komisi III Tak Khianat

Buya Syafii Minta Komisi III Tak Khianat

Diposting pada 29/08/2019, 13:39 WIT
BUSYA Syafii
BUSYA Syafii

JAKARTA- Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Buya Syafii Maarif mengingatkan Komisi III DPR RI untuk melepas agenda politik pragmatis dalam menentukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023.

Pasalnya, negeri ini betul-betul butuh diperbaiki. “Jika pemilihan pimpinan KPK berdasarkan politik pragmatis merupakan pengkhianatan terhadap bangsa. Sudah seribu orang yang ditangkap KPK, korupsi tetap saja berjalan,” ujar kata Buya Syafii dalam diskusi bertema ‘Menjaga KPK, Mengawal Seleksi Pimpinan KPK’ di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (28/8).

Buya juga berharap, dalam proses seleksi pimpinan KPK, Komisi III DPR RI merupakan penentu siapa sosok yang akan memimpin KPK pada lima tahun ke depan. Dia juga mengajak panitia seleksi calon pimpinan (Pansel Capim) KPK dan Presiden Joko Widodo untuk membangun bangsa lewat lembaga antirasuah itu.“Mari kita bersama-sama mencintai bangsa ini, perkuat lembaga antirasuah ini. Dan di samping itu juga pimpinan KPK kompak. Kalau kompak mereka akan bagus sekali,” ucap anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ini.

Selain itu, Buya Syafii juga menginginkan Presiden Jokowi menyeleksi secara benar sepuluh calon pimpinan KPK sebelum diserahkan kepada Komisi III DPR RI. Idealnya, kata dia, mereka yang lolos sepuluh besar harus bersih dari catatan hitam pemberantasan korupsi dan tindak pidana lainnya. “Setidak-tidaknya yang memimpin KPK itu yang catatan hitamnya sedikit atau tidak ada sama sekali. Itu saja,” tegas Buya Syafii. (jawapos.com/jfr)

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan