Selasa, 10 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Pemkab Mahakam Ulu Belajar Adat di Halbar

Pemkab Mahakam Ulu Belajar Adat di Halbar

Diposting pada 30/08/2019, 14:44 WIT
KOMPAK: Pose bersama Rombongan Pemkab Mahakam Ulu dengan pejabat Pemkab Halmahera Barat di depan kantor bupati usai studi pembelajaran pranata adat di Desa Gamtala Kecamatan Jailolo, Kamis (29/8) kemarin
KOMPAK: Pose bersama Rombongan Pemkab Mahakam Ulu dengan pejabat Pemkab Halmahera Barat di depan kantor bupati usai studi pembelajaran pranata adat di Desa Gamtala Kecamatan Jailolo, Kamis (29/8) kemarin

JAILOLO – Pelestarian adat dan budaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat, nampaknya menarik perhatian daerah lain. Salah satunya Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Ketertarikan ini membuat Pemkab Mahakam Ulu yang dipimpin Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Kampung Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Suryanto berkunjung ke Halmahera Barat tepatnya di Desa Gamtala Kecamatan Jailolo dengan agenda studi pembelajaran tentang pemberdayaan, pembinaan dan pelestarian lembaga adat dan masyarakat adat, Kamis (29/8).

   Hasil pembelajaran yang didapat ini akan diterapkan di Kabupaten Mahakam Ulu sebagai bentuk keseriusan dalam pelestarian pranata adat.”Yang kami temukan dalam studi pembelajaran ini, yakni mekanisme pelestarian maupun penganggaran terkait lembaga adat melalui APBD. Baik tata cara mekanisme hibah maupun dalam bentuk insentif. Hal ini yang nantinya kami adopsi dan terapkan untuk pengembangan adat dan budaya di Mahakam Ulu,"kata Suryanto usai melakukan pertemuan bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM-PD) Pemkab Halbar Asnath Sowo, serta Staf Khusus Bupati di kantor Bupati, kemarin.

   Suryanto menambahkan, adat dan budaya di Halbar sangat luar biasa, karena secara turun temurun pembinaannya sudah semakin maju. Makanya kedatangan kami di Halbar ini juga atas instruksi  langsung Bupati Mahakam Ulu.”Halbar dipilih karena budayanya bisa dijadikan studi pembelajaran dan studi banding,”ujarnya. Tim yang kami bawa dari Mahakam Ulu adalah dari Dinas Pemberdayaan Desa, dan Ketua LPM Provinsi Kalimantan Timur.”Jadi luar biasalah Halbar ini. Kita tidak terpikir sampai kesini tetapi karena memang budayanya luar biasa makanya kita langsung berkunjung,"ucapnya.  

   Sementara Ketua LPM Provinsi Kaltim Mujarini Baraq mengapresiasi sambutan yang luar biasa dari Pemkab Halbar.”Banyak hal yang sudah kami pelajari, sehingga kerja sama yang baik ini tidak berhenti sampai di sini. Tetapi akan berkelanjutan,”ucapnya. Sementara Kepala DPM-PD Pemkab Halbar Asnath Sowo juga mengapresiasi upaya Pemkab Mahakam Ulu yang sudah berkunjung ke Halmahera Barat. Harapannya kedepan dapat memperkuat hubungan kerja sama dalam pengembangan kelembagaan pranata adat antara kedua kabupaten ini."Halbar sudah tiga tahun terakhir menjadi pilot project penataan pranata adat dari pemerintah pusat,"ucap Asnath yang juga mantan Camat Ibu Selatan ini.(din/pn/met)

 

Share
Berita Terkait

Jokowi Menang Telak di Desa Danny

18/04/2019, 13:04 WIT

Danyonif RK 732/Banau Berganti

07/12/2018, 12:50 WIT

Sehari, Empat Tewas di Jalan

12/03/2018, 12:37 WIT

Jembatan Goin - Kedi Tuntas 2020

22/07/2019, 14:17 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan