Selasa, 17 September 2019

 Headline
MALUT POST / POLITIK / Gubenur Buka  Festival Pangan Lokal B2SA

Gubenur Buka  Festival Pangan Lokal B2SA

Diposting pada 30/08/2019, 14:14 WIT
Gubernur Malut, AGK didampingi Ketua Tim PKK Malut dan Plt Kepala Dinas Pangan Saleh A. Gani saat meninjau pangan lokal di Aula Kantor Dinas Pangan, Kamis (29/8).
Gubernur Malut, AGK didampingi Ketua Tim PKK Malut dan Plt Kepala Dinas Pangan Saleh A. Gani saat meninjau pangan lokal di Aula Kantor Dinas Pangan, Kamis (29/8).

SOFIFI - Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba (AGK) membuka secara resmi Festival Lokal  Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Provinsi tahun 2019, di halaman Kantor Dinas Pangan Provinsi Malut,  Kamis (29/8).

Kegiatan yang dilaksanakan dengan tema Mendorong penetapan konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman dengan memanfaatkan olahan pangan lokal serta mendorong kreativitas dan inovasi olahan pangan lokal yang bernilai komersial itu dihadiri pimpinan dan anggota DPRD Provinsi, perwakilan walikota Tidore, unsur Forkopimda Provinsi Malut, para Ketua TP-PKK Kebupaten se Provinsi serta dan Ketua Tim Penggerak PKK Malut, Faoniah H. Djauhar Kasuba.

Gubernur dalam sambutannya mengatakan, pangan merupakan hal yang sangat penting dan strategis sekaligus menjadi kebutuhan dasar manusia.

Menurutnya, keanekaragaman pangan merupakan program yang bertujuan agar masyarakat tidak terpaku pada satu jenis makanan pokok saja, namun juga mendorong untuk mengkonsumsi bahan lainnya, dengan memaksimalkan pemanfaatan potensi pekarangan/lingkungan di sekitar sebagai sumber pangan keluarga. "Kita di Maluku Utara ini telah dianugerahi berbagai sumber daya alam dan oleh para leluhur kita dimanfaatkan sebagai produk lokal pengganti beras seperti ubi kayu, sukun, dan jagung dan itu masih kita warisi hingga saat ini," katanya.

Gubernur dua periode ini berharap agar ketersediaan sumber pangan ini harus dibarengi dengan upaya melakukan diversifikasi makanan olahan dari bahan pangan dan non pangan, sebagai sumber karbohidrat, sumber proteian, sumber vitamin dan mineral, dengan tetap memperhatikan serta mempertahankan nilai gizi yang seimbang.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Malut, Faoniah H. Djauhar Kasuba, menyampaikan, pemenuhan pangan sangat penting sebagai komponen dasar mewujudkan SDM yang berkualitas.

"Karena itu salah satu upaya yang dilakukan adalah festival pangan lokal ini diharapkan mampu membuktikan mibat masyarakat untuk mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman dikonsumsi," tutupnya.

Kepala Dinas Pangan Malut Saleh A. Gani menegaskan akan tetap mendukung akan tetap mendukung program nasional tersebut. Dalam lomba festival pangan tersebut, juara I dimenangkan oleh Tim Penggerak PKK Halsel, juara II disusul PPK Kota Ternate dan juara III PPK Pulau Morotai.

Sementara kategori produk olahan lokal komersial, juara I diraih PPK Kota Tikep, juara II PPK Kepsul dan juara III PPK Halbar.   (cr-01/pn/jfr)

Share
Berita Terkait

Jokowi-Ma’ruf di Atas Angin

18/04/2019, 14:36 WIT

SS DPR RI Diduga Disembunyikan

18/04/2019, 14:25 WIT

Pemprov Dapat 378 Formasi

10/09/2018, 12:49 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan