Sabtu, 21 September 2019

 Headline
MALUT POST / AKADEMIKA / Kembangkan BUMDes Melalui Bank Desa

Kembangkan BUMDes Melalui Bank Desa

Diposting pada 04/09/2019, 13:56 WIT
DISKUSI: Suasana diskusi perangkat desa dan masyarakat di Desa Kira bersama Tim PkM UT Ternate
DISKUSI: Suasana diskusi perangkat desa dan masyarakat di Desa Kira bersama Tim PkM UT Ternate

Hasil PkM UT Ternate di Desa Kira, Galela

TERNATE – BUMDes sebagai organisasi ekonomi perdesaan menjadi instrument penting dalam rangka penguatan ekonomi perdesaan. BUMDes juga bisa menjadi titik lemah ekonomi desa jika tidak dikelola  dengan baik.  Karena itu, peningkatan SDM masyarakat desa terutama pengelola BUMDes sabgat penting dalam mengelola aset ekonomi desa tersebut. Seperti
mengintegrasikan produk ekonomi perdesaan yang memiliki nilai tawar baik dalam jaringan pasar, dan mewujudkan skala ekonomi kompetitif.

 Hal ini menjadi salah satu sorotan  UPBJJ UT Ternate dalam program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang langsung turun ke desa. Seperti yang dilaksanakan di Desa Kira Kecamatan Galela Barat, Kabupaten Halmahera Utara. Kegiatan dengan tema  Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dan Perangkat Desa dalam Menggali Potensi Sumber Pendapatan Desa Melalui Pembentukan dan Pengelolaan BUMDes yang telah dilaksanakan Akhir Agustus lalu dilaksanakan dalam bentuk diskusi antara para praktisi atau dosen yang berkompeten bersama seluruh elemen di desa tersebut.    

Muhlis Hafel selaku Koordinator PkM UT Ternate, dalam rilisnya, Selasa (3/9) menjelaskan diskusi tersebut untuk menumbuhkan semangat masyarakat desa dalam mengembangkan BUMDes yang vakum dua tahun terakhir serta  mengidentifikasi potensi utama desa dalam pengembangan BUMDes.

"Dalam jangka pendek akan dibentuk Bank Desa yang akan bekerja sama dengan BPRS Kota Ternate," jelasnya.  

Sekadar diketahui, dalam kegiatan tersebut selain Muhlis Hafel ada UT yang tampil membawakan materi tentang Filosofi Pengembangan BUMDes, ada dua pemateri lainnya yakni
Nurdin Hayat dari LP2D FEB Unkhair yang membahas tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan BUMDes serta  Irfandi Buamonabot dari Polteknik Sains dan Teknologi Wiratama Maluku Utara tentang Esensi Pengelolaan BUMDes. (tr-01/nty).

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan