Rabu, 11 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Warga Boikot Kantor Desa Akeara

Warga Boikot Kantor Desa Akeara

Diposting pada 04/09/2019, 14:14 WIT
BOIKOT : Warga Desa Akeara Kecamatan Jailolo Selatan saat menggelar aksi pemboikotan kantor desa, Selasa (3/9) kemarin
BOIKOT : Warga Desa Akeara Kecamatan Jailolo Selatan saat menggelar aksi pemboikotan kantor desa, Selasa (3/9) kemarin

Protes Tidak Transparannya Pengelolaan DD

Editor : Muhammad Nur Husen
Peliput : Samsudin Chalil

JAILOLO – Warga Desa Akeara Kecamatan Jailolo Selatan (Jalsel) memboikot aktivitas kantor desa, Selasa (3/9). Aksi ini dilakukan karena kepala desa (kades) Okto Sahaban dinilai tidak transparan mengelola Dana Desa (DD). Massa juga meminta kades diberhentikan dari jabatan karena selain tidak transparan, juga dituding tidak dapat mempertanggung jawabkan penggunaan DD tahap pertama 20 persen.

    Salah satu program tahap pertama yang dinilai bermasalah adalah pembangunan bak air bersih, bangunan ini belum digunakan tetapi sudah rusak.”Pembangunan bak air yang terletak di samping Gereja Kalvari tidak dapat difungsikan, karena sudah rusak,”tandas koordinator aksi Demas Saban dalam orasinya. Selain DD tahap pertama yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, ada juga keganjalan dalam proses pencairan DD tahap kedua 40 persen. Di mana proses pencairannya tidak melalui prosedur yang semestinya.

    Selain itu, kades juga memecat empat perangkat desa, diantaranya bendahara dan Ketua TPK tanpa alasan yang jelas.”Atas nama masyarakat Desa Akeara kami meminta agar kades segera turun dari jabatannya, karena telah melakukan pelanggaran yang sangat merugikan kami masyarakat,”tandasnya. Aksi yang digelar sekira pukul 11.00 WIT di kantor desa itu, kemudian begeser menuju lokasi pembangunan Gedung Serba Guna yang dibangun menggunakan DD.

Tujuannya untuk memastikan proses pekerjaan bangunan tersebut.”Jika tuntutan kami tidak diindahkan dan kades tidak juga diberhentikan, kami akan melakukan aksi yang lebih besar lagi,”ancamnya.(din/met)

Share
Berita Terkait

Jokowi Menang Telak di Desa Danny

18/04/2019, 13:04 WIT

Danyonif RK 732/Banau Berganti

07/12/2018, 12:50 WIT

Sehari, Empat Tewas di Jalan

12/03/2018, 12:37 WIT

Jembatan Goin - Kedi Tuntas 2020

22/07/2019, 14:17 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan