Sabtu, 21 September 2019

 Headline
MALUT POST / AKADEMIKA / Inovasi Baru Pengolahan Pisang dari PKM Unkhair

Inovasi Baru Pengolahan Pisang dari PKM Unkhair

Diposting pada 05/09/2019, 13:55 WIT
INOVASI : Program inovasi desa pembuatan aneka produk olahan pisang untuk pengembangan usaha di Kecamatan Oba Tengah, Kota Tikep.
INOVASI : Program inovasi desa pembuatan aneka produk olahan pisang untuk pengembangan usaha di Kecamatan Oba Tengah, Kota Tikep.

Ubah Pisang Raja jadi Selai dan Sirup

TERNATE – Pisang termasuk salah satu buah yang paling banyak ditemui di Malut. Tanaman yang banyak digemari ini ternyata bisa diolah dengan berbagai macam jenis makanan, hanya saja selama yang kita kenal pengolahannya hanya itu saja, mulai dari goreng, rebus atau hanya untuk penganan tertentu saja. Begitu juga di tingkat petani biasanya hanya menjual dalam bentuk buah segar dengan nilai jual yang rendah.

Untuk memaksimalkan  pendapatan masyarakat terutama petani, Dosen Fakultas Pertanian, Unkhair melakukan bimbingan kepada masyarakat melalui
Pelatihan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Kubermas 2019 dengan Program Inovasi Desa Pembuatan Aneka Produk Olahan Pisang Untuk Pengembangan Usaha pada Kecamatan Oba Tengah, Kota Tikep.
 

Erna Rusliana, Fasilitator kegiatan menjelaskan, produk alternatif lainnya dari pisang adalah selai dan sirup yang sebenarnya  mudah dibuat dan tidak butuh banyak bahan tambahan. Selain itu, kedua produk ini digemari banyak kalangan, terutama yang sering mobile. Karena selai praktis sebagai olesan roti saat sarapan  dan sirupnya bisa menjadi minuman ringan saat bersantai.

"Kegiatan ini untuk mentransfer teknologi pengolahan selai dan sirup dari pisang raja khususnya di kecamatan Oba Tengah, yang merupakan salah satu daerah penghasil pisang di Tikep, " jelasnya. Sehingga nantinya ini bisa membuka peluang usaha bagi masyarakat desa menuju desa inovasi. (tr-01/nty).

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan