Selasa, 17 September 2019

 Headline
MALUT POST / / 11 Parpol Lawan Petahana

11 Parpol Lawan Petahana

Diposting pada 05/09/2019, 14:32 WIT
GABUNG JURUS: Pimpinan 11 partai politik yang tergabung dalam Kaukus Penyelamatan Demokrasi Kota Tidore Kepulauan, berfoto bersama usai pertemuan, Rabu (4/9) MAHFUD HUSEN/MALUT POST
GABUNG JURUS: Pimpinan 11 partai politik yang tergabung dalam Kaukus Penyelamatan Demokrasi Kota Tidore Kepulauan, berfoto bersama usai pertemuan, Rabu (4/9) MAHFUD HUSEN/MALUT POST

Gabung Jurus Bentuk Kaukus Penyelamatan Demokrasi

TIDORE - Tensi politik jelang tahapan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwako) Tidore Kepulauan periode 2020-2025 mulai memanas. 11 partai politik di Kota Tikep memastikan berkoalisi melawan calon petahana Capt. Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen yang diusung PDI Perjuangan. Seperti diketahui, PDIP memiliki 8 kursi di parlemen dan tak perlu berkoalisi untuk bertarung dalam Pilwako nanti.

Semangat untuk menumbangkan petahana ini terlihat dari pertemuan pimpinan 11 partai politik yang dilaksanakan di Sekretariat DPD Partai Nasdem Tikep, Kelurahan Gamtufkange, Rabu (4/9) kemarin.

Gabungan 11 parpol tersebut yakni, Nasdem, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Hanura, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Gerindra, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Perindo, dan Partai Bulan Bintang. Agenda yang dicanangkan dalam pertemuan tersebut adalah Pembentukan Kaukus Penyelamatan Demokrasi Kota Tikep.

Juru bicara Kaukus Penyelamatan Demokrasi Kota Tikep, Ridwan M. Yamin yang juga Ketua DPD Demokrat Tikep usai pertemuan menyampaikan, salah satu dasar dibentuknya kaukus ini adalah dengan melihat kondisi Kota Tikep sebelum, sekarang, dan ke depannya untuk menghadapi momentum Pilwako 2020 nanti. Dengan begitu, kaukus ini nantinya menjaring putra-putri terbaik dari Kota Tikep yang diharapkan dapat melakukan perubahan.

Menurut Ridwan, kaukus tersebut merupakan gabungan delapan parpol peraih kursi di parlemen dan tiga parpol nonparlemen. Kaukus ini disebutnya sebagai koalisi kebaikan yang nantinya mengusung bakal calon wali kota dan wakil wali kota 2020 nanti. "Jadi kita bersepakat untuk fokus pada proses penjaringan Pilkada 2020, dengan harapan bisa memunculkan putra-putri terbaik Kota Tikep untuk melakukan perubahan ke depan," terangnya.

Gabungan delapan partai dalam kaukus memiliki total keterwakilan 17 kursi di parlemen 2019-2024. Itu berarti, hanya PDIP yang tak ‘diajak’ dalam koalisi ini.

Ridwan yang juga Ketua Fraksi Demokrat ini menuturkan, jumlah kursi di DPRD Tikep sebanyak 25, 17 kursi tergabung dalam kaukus penyelamat demokrasi, sisanya delapan kursi yang dimiliki PDIP.

Ini artinya, Pilwako Tikep periode 2020-2025 bakal terdapat dua paket. Satu paket akan diusung gabungan delapan parpol pemilik 17 kursi, dan satu paket lagi diusung PDIP yang memiliki delapan kursi. "Memang keputusan itu ada di DPP, namun semua itu berdasarkan usulan dan pertimbangan DPD dan DPC yang ada di daerah. Jadi nanti berdasarkan kesepahaman dari kaukus ini yang akan menyampaikan pokok pikiran berdasarkan kondisi demokrasi dan birokrasi yang perlunya diadakan perubahan daerah itu ke depannya," tandasnya.

Untuk figur sendiri, sampai saat ini masih dilakukan penjaringan di semua partai. Nantinya akan mengerucut pada kesepahaman bersama berdasarkan penjaringan. "Intinya kesepahaman kami (gabungan 11 parpol) sudah ada, tinggal kita lihat satu kandidat yang muncul berdasarkan penjaringan dari putra-putri terbaik itu yang akan kita usung bersama," pungkasnya.

Hadir pula pada pertemuan tersebut Ketua Nasdem Tikep Mochtar Djumati, Ketua PAN Tikep Ratna Namsa, Ketua PKB Tikep Murad Polisiri, Ketua Golkar Tikep Suldin Falabessy, dan Ketua PKS Tikep Nurdin Thalib. Lalu Ketua Gerindra Tikep Hj. Djubaida Kamal, Ketua PPP Tikep A. Haris Ahmad, Ketua Perindo Tikep Abubakar Nurdin, Sekretaris Hanura Tikep Yusuf Abdullah, Sekretaris PKS Tikep Saifudin Hamzah, dan Sekretaris Golkar Tikep Naser Robo. Serta Sekretaris PAN Tikep Taufik Samaka, Sekretaris Demokrat Tikep M.

Ali Ibrahim, Sekretaris Nasdem Tikep Abdul Kadir Ali, Jainudin Saleh Wakil Ketua DPD Hanura Tikep, Ketua Bapilu Nasdem Tikep Malik Muhammad, Sekretaris Bapilu Nasdem Tikep Ibrahim Kamarudin, dan Wakil Bendahara Nasdem Tikep Arman Kodja.(cr-03/pn/yun)

 

Share
Berita Terkait

Sultan Tidore Apresiasi Rizal Ramli

05/04/2018, 12:36 WIT

Tak Terima, Yaser Marah

10/10/2018, 11:34 WIT

Tuan Rumah KKN Kebangsaan

19/02/2019, 09:25 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan