Selasa, 17 September 2019

 Headline
MALUT POST / / Wabup Launching Proyek Showroom Teh Rahmat

Wabup Launching Proyek Showroom Teh Rahmat

Diposting pada 06/09/2019, 14:19 WIT
KOMPAK: Pose bersama Wakil Bupati Halteng Abd Rahim Odeyani (tengah), Reformer Fahrurrazi Djauhari (kiri) dan Sekretaris Dinas Kehutanan Malut Achmad Zaki (kanan) usai kegiatan.
KOMPAK: Pose bersama Wakil Bupati Halteng Abd Rahim Odeyani (tengah), Reformer Fahrurrazi Djauhari (kiri) dan Sekretaris Dinas Kehutanan Malut Achmad Zaki (kanan) usai kegiatan.

WEDA – Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Halmahera Tengah melaunching proyek perubahan Showroom Teh Rahmat (Teh Herbal Halmahera Berkasiat), Kamis (5/9). Teh ini bahan bakunya dari sarang semut,  daun samam dan gaharu.     

    Wakil Bupati Abd Rahim Odeyani dalam sambutannya mengatakan Pemkab Halmahera Tengah mendukung dan mendorong adanya inovasi terutama KPH Halteng yang bisa melahirkan sebuah gagasan dalam bentuk beberapa bahan baku yang dijadikan produk teh rahmat. Karena itu, orang nomor dua di Pemkab Halteng ini berharap inovasi seperti ini tidak hanya diciptakan ASN tetapi ditularkan ke masyarakat."Ini harus ditularkan kepada masyarakat agar dikembangkan untuk membantu perekonomian masyarakat,"harapnya.

    Menurutnya,  tiga sumber produk bukan kayu, yakni samama, gaharu dan sarang semut harus dibudidayakan. Jika tidak dilestarikan maka lambat laun Samama dan Gaharu ini akan musnah akibat campur tangan manusia. "Saya berharap Gaharu dan Samama bisa dibudidayakan,"harapnya. 

Sementara Sekretaris Dinas Kehutanan Malut Achmad Zakih mengapresiasi reformer yang mengangkat hasil produk Halteng berupa teh Gaharu,  Teh Sarang Semut dan Teh Samama. "Ada beberapa daerah yang sudah mengembangkan teh dari daun kelor dan gersen bahkan sudah diekspor ke pasar. Karena itu, produk Halteng ini harus didukung supaya bisa ekspor ke pasar. Kami berharap ini dibudidayakan,"ucapnya.

    Sementara Reformer Fachrurrazi Djauhari mengatakan, melihat potensi hasil hutan di Halteng sangat banyak tetapi belum dimanfaatkan."Produk ini harus dikembangkan untuk menambah pendapatan masyarakat,"ucapnya. Menurutnya,  produk Teh Gaharu, Teh Samama dan Sarang Semut sangat berkhasiat. "Khasiat sarang semut mengatasi hipertensi,  diabetes, kanker dan resiko jantung. Sedangkan Gaharu khasiatnya mengatasi asam urat dan kanker prostat. Adapun daun samama membantu menurunkan kolestrol dan  penyubur kandungan,"jelasnya.(mpf/met/pn)

Share
Berita Terkait

Panwascam Temukan Pemilih Ganda

05/04/2018, 12:34 WIT

WBN Siap Serap 15 Ribu Tenaga Lokal

31/08/2018, 12:40 WIT

18 Perusahaan Beroperasi di Halteng

28/03/2019, 12:18 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan