Selasa, 17 September 2019

 Headline
MALUT POST / MAJANG POLIS / Gugu Gia Si Kololi Ternate Sabet Rekor MURI Dunia

Gugu Gia Si Kololi Ternate Sabet Rekor MURI Dunia

Diposting pada 07/09/2019, 12:06 WIT
 Wali Kota menerima piagam Rekor MURI
Wali Kota menerima piagam Rekor MURI

    TERNATE - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, kembali mengukir sejarah. Kali ini, Pemkot berhasil meraih rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) Dunia, atas pelaksanaan kegiatan bergandengan tangan mengelilingi pulau e atau dalam bahasa Ternate Gugu Gia Si Gololi Ternate.

Penghargaan rekor MURI, diserahkan langsung manager MURI Indonesia Triyono, di Benteng Oranje, Jumat (7/9).

    Gugu Gia Si Kololi Ternate ini, merupakan rangkaian event ICCF 2019 yang melibatkan sebanyak 42 ribu orang.

    Sebelum digelar Gugu Gia Si Kololi Ternate. Kegiatan tersebut diawali dengan prosesi adat di Kadaton Kesultanan Ternate. Dimana pihak kadaton menyerahkan bendera merah putih yang telah diinapkan semalam kepada Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda, selanjutnya dari Kapolres diserahkan ke paskibra, lalu dibawa ke pintu gerbang kadaton.

    Di depan pintu gerbang Ketua Jaringan Komunitas Ternate (Jarkot) Zaldri Aldin telah menunggu, lalu mengambil bendera tersebut untuk diserahkan ke pemuda kelurahan. Selanjutnya, bendera tersebut dibawa ke Benteng Oranje. Di sana koordinator acara Gugu Gia Si Gololi Ternate Immanullah Muhammad telah menunggu dan mengambil bendera tersebut, selanjutnya bendera diserahkan ke panitia ICCN dan selanjutnya diserahkan ke Rizal Marsaoly, sebagai pencetus kegiatan Gugu Gia Si Kololi Ternate. Dari Rizal bendera lalu diserahkan ke Wali Kota Burhan Abdurahman untuk ditancapkan ke benteng." Rangkaian kegiatan ini, dimaknai sebagai persatuan di tengah keberagaman. Dari timur kita merajut kedamaian Indonesia. Sementara prosesi adat bendera merah putih sampai masuk ke benteng, sebagai peringatan 400 tahun pengusiran penjajah dan pemindahan ibu kota VOC di Ternate ke Batafia," terangnya Rizal.

    Setelah bendera ditancapkan, Wali Kota Burhan lalu memimpin proses berkhidmat selama tujuh menit, Burhan menyerukan kepada seluruh masyarakat yang sementara berpegangan tangan mengelilingi gunung Gamalama ini berdoa untuk keamanan negeri. Prosesi berkhidmat itu diiringi dengan pembacaan puisi tentang nasionalisme. “ Kegiatan ini tidak pantas untuk mendapatkan rekor MURI Indonesia, tapi Rekor MURI dunia. Sebab baru pertama kali terjadi di dunia, orang bergandeng tangan keliling satu pulau, "tutur manager MURI Indonesia, Triyono.

    Dengan diterimanya rekor MURI kegiatan Gugu Gia Si Kololi Ternate ini, maka tercatat, Ternate telah memperoleh enam kali Rekor MURI. “ Kita sudah enam kali mengukir prestasi dan mendapatkan rekor MURI. Namun lima kali sebelumnya hanya rekor MURI Indonesia, tapi kali ini rekor MURI Dunia, " tutur Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman.

    Prestasi ini, kata Burhan, tidak akan tercapai tanpa ada dukungan masyarakat. Karena itu, Burhan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut menyukseskan kegiatan Gugu Gia Si Kololi Ternate." Lebih khusus saya sampaikan terima kasih kepada para komunitas yang terhimpun dalam Jaringan Komunitas Ternate, "tutup orang nomor satu dalam jajaran Pemkot Ternate ini. (udy/adv/Rul)

 

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan