Selasa, 17 September 2019

 Headline
MALUT POST / MAJANG POLIS / Pembangunan IPAH Digenjot  Kecamatan

Pembangunan IPAH Digenjot  Kecamatan

Diposting pada 10/09/2019, 13:19 WIT
IPAH:Model Instalasi Pengelolaan Air Hujan (IPAH) yang saat ini digenjot pihak kecamatan Ternate Utara.
IPAH:Model Instalasi Pengelolaan Air Hujan (IPAH) yang saat ini digenjot pihak kecamatan Ternate Utara.

Sudah 132 Titik Dibangun Atasi Krisis Air Bersih

Editor : Fitrah A Kadir
Peliput : Muhatir S. Badaruddin

TERNATE-Pemanfaatan air hujan di Ternate menjadi fokus tersendiri bagi pihak kecamatan Ternate Utara yang terus melakukan sosialisasi. Hal tersenut dilakukan untuk menjawab sekaligus mengatasi persoalan kekeringan yang belakangan mulai dirasakan sebagian masyarakat di Jawa.

Instalasi Pengelolaan Air Hujan (IPAH) saat ini mulai diterapkan sebagian besar masyarakat yang ada di Ternate Utara. Pembuatan IPAH ini bisa diawali dengan membangun sumur resapan dan lubang biopori untuk menyerap air hujan. Seperti yang disampaikan camat Ternate Utara, Zulkifli saat ditemui diruang kerjanya, Senin (9/9) kemsrin.

Dikatakan Zulkifli, ide pembuatan IPAH telah dipelajari sejak 2015 lalu. Bahkan pihaknya juga ikut berkerjasama dengan civitas Unkhair, Universitas Terbuka, UMMU hingga PMI Indonesia dan Amerika serta pihak Bank. Proses pembangunan IPAH sendiri menggunakan alokasi anggaran yang bersumber dari Dana Partisipatif Pembangunan Kelurahan (DPPK) sejak tahun 2016. "IPAH diwajibkan di 14 kelurahan yang tersebar di Ternate Utara,"sebut Zulkifli. Dia menambahkan, fokus pembangunan IPAH tidak hanya ditujukan bagi warga saja, namun sosialisasi juga dilakukan di rumah ibadah seperti mesjid hingga sekolah-sekolah. "Jadi IPAH ini adalah program yang mengajarkan dan menuntun kita untuk memberikan sedekah atau sumbangan bagi masyarakat yang kurang mampu,"jelasnya. Dia menyebutkan, hingga kini, sudah 132 titik IPAH yang dibangun dan tersebar di Ternate Utara, Ternate Selatan, Ternate Pulau dan Pulau Hiri. Anggaran untuk pembangunan satu unit IPAH sebesar Rp 6 juta. Ini kata Zulkifli teridiri dari pengadaan profil tank air, semen hingga pipa.

"Kami akan terus berupaya untuk melakukan pengembangan IPAH untuk direplikasikan di daerah lain agar hemat air,"janji Zulkifi sembari mebgaku jika dalam waktu dekat, ada juga rencana kunjungan dari Palang Merah Amerika (PMA) yang ingin melihat langsung pembangunan IPAH di Ternate. "Kita juga bekerjasama dengan mereka, sehingga pada tanggal 11 September mereka direncanakan tiba di Ternate,"pungkasnya.(mg-03/aji)

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan