Selasa, 17 September 2019

 Headline
MALUT POST / EKONOMI / BPJS Ketenagakerjaan Lindungi Anak Magang

BPJS Ketenagakerjaan Lindungi Anak Magang

Diposting pada 10/09/2019, 13:14 WIT
PERLINDUNGAN: Foto bersama di sela-sela penandatanganan MoU Sabtu pekan lalu. ft suryani/malut post
PERLINDUNGAN: Foto bersama di sela-sela penandatanganan MoU Sabtu pekan lalu. ft suryani/malut post

TERNATE- BPJS Ketenagakerjaan membangun kerjasama dengan SMKN 5 Kota Ternate. Penandatanganan Memorandum off Understanding (MoU) berlangsung, Sabtu (7/9) pekan lalu.
Penandatanganan MoU ini bertepatan dengan pelepasan siswa praktik kerja lapangan (PKL) ke-X. 

Kadis Pendidikan dan kebudayaan Malut Jafar Hamisi memberi apresiasi kepada BPJS Ketenagakerjaan untuk program perlindungan siswa-siswi yang akan magang. “Mewakili instansi saya apresiasi karena siswa praktik perlu dilindungi,” ucapnya. Menurut dia, melindungi siswa-siswi PKL merupakan bentuk tanggung jawab sekolah pada orang tua siswa, sehingga kekhawatiran mereka berkurang saat anaknya magang tiga bulan. “Kedepan kami akan memberlakukan program ini di seluruh SMK,” janjinya.

Kepsek SMKN 5  Ma'ruf A. Kahar mengatakan,  perlindungan bagi siswa-siswi PKL sangat perlu karena risiko pekerjaan mereka sama dengan pekerja pada mitra tempat mereka melakukan magang. Sekolah juga melindungi siswa-siswi magang dengan jaminan kesehatan, sehingga ketika ada yang sakit akan dibawah ke rumah sakit.

“Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Alamsyah Ali menambahkan,  BPJS Ketenagakerjaan selain memberikan perlindungan kepada pekerja baik pekerja formal maupun informal, juga memberikan perlindungan ketenagakerjaan kepada siswa-siswi magang, PKL dan prakerin. Dengan iuran sebesar Rp 16.800,- per-bulan, siswa-siswi magang dilindungi dua  program BPJS Ketenagakerjaan, yaitu program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). “Jadi segala aktivitas siswa SMKN 5 Ternate selama magang dilindungi penuh oleh BPJS Ketenagakerjaan,” tegasnya. (tr-02/onk/pn).

Share
Berita Terkait

Tiket Mahal, Penumpang Pesawat Turun

16/04/2019, 12:33 WIT

Ultah ke-56, Taspen Cegah Stunting

12/04/2019, 08:58 WIT

Basuki: Jangan Ambil Kerang

18/04/2019, 09:25 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan