Selasa, 17 September 2019

 Headline
MALUT POST / NASIONAL / Ingin Penanganan Papua Lebih Progresif

Ingin Penanganan Papua Lebih Progresif

Diposting pada 11/09/2019, 13:23 WIT
PRESIDEN Jokowi bersama tokoh Papua
PRESIDEN Jokowi bersama tokoh Papua

JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyambut baik pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan para tokoh Papua di Istana. Bamsoet berharap ada langkah progresif dalam penyelesaian masalah Papua.

"Ya kita berharap langkah-langkah penyelesaian Papua ke depan harus lebih progresif dan permanen sehingga tidak ada lagi gejolak yang sifatnya tahunan," kata Bamsoet di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Menurut Bamsoet, pendekatan kesejahteraan diperlukan dalam penyelesaian masalah Papua. Rakyat Papua, kata Bamsoet, perlu diyakinkan bahwa mereka adalah bagian dari Indonesia.
"Nah, sekarang pendekatannya adalah pendekatan kesejahteraan, pendekatan tanpa perbedaan. Papua adalah bagian dari Indonesia, maka kita harus memperlakukanya sebagai bagian dari kita, Indonesia," ujarnya.

Menurut Bamsoet, kewenangan otonomi khusus untuk Papua belum mencapai hasil maksimal. Karena itulah, dikatakan Bamsoet, perlu ada solusi yang menyentuh budaya dan kesejahteraan rakyat Papua.

"UU Otonomi Daerah dan UU Otonomi Khusus, itu sudah diberikan tetapi memang belum mencapai hasil maksimal. Sebagaimana yang kita harapkan tentu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, harus ada pemikiran-pemikiran lain yang lansgung menyentuh, baik budaya, kesejahteraan bagi mereka," ucap Bamsoet.

"Jadi pertemuan-pertemuan semakin banyak, pertemuan dibuat solusi terhadap beberapa suku yang ada di Papua, menurut saya sangat baik," imbuhnya. (dtc/jfr)

 

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan