Rabu, 13 November 2019

 Headline
MALUT POST / MAJANG POLIS / BMKG Keluarkan Peringatan Dini

BMKG Keluarkan Peringatan Dini

Diposting pada 12/09/2019, 13:53 WIT
CUACA:Tampak beberapa unit speedboat terlihat mengantri di dermaga Semut, Mangga Dua pada Rabu (11/90 kemarin untuk mengangkut penumpang yang hendak bertolak ke Sofifi .
CUACA:Tampak beberapa unit speedboat terlihat mengantri di dermaga Semut, Mangga Dua pada Rabu (11/90 kemarin untuk mengangkut penumpang yang hendak bertolak ke Sofifi .

Potensi Gelombang di Morotai-Tobelo Mencapai 4 Meter

Editor : Fitrah A Kadir
Peliput : Muhatir S. Badaruddin

TERNATE-Ancaman gelombang tinggi kembali mengancam wilayah perairan Malut. Berdasarkan data yang dihimpun melalui stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika(BMKG) menyebutkan, potensi ombak ekstrim diprediksikan terjadi selama beberapa hari ke depan.

Meski suhu cuaca diperkirakan berawan, namun kecepatan angin dari arah Tenggara ke Barat Daya diprediksikan memiliki kecepatan maksimal 50 kilometer per jam dengan suhu udara mencapai 95 derajat celcius. Akibat dari potensi kecepatan angin yang bakal terjadi, memicu tingginya gelombang yang berpotensi terjadi di perairan Tobelo da Morotai setinggi  4 meter. Sementara Bitung, Ternate, Batang Dua, Bacan, Obi, Sanana, Mangoli, Bobong, Weda, Patani dan Gebe berpotensi terjadi gelombang tinggi mencapai 3 meter.

Tinggi gelombang yang diprediksikan terjadi ini tentunya berada di luar batas kewajaran. Karena itu, pihak BMKG menghimbau agar para pengguna jasa trnsportasi laut lebih meningkatkan kewaspadaan saat hendak berlayar.

Himbauan ini disampaikan langsung oleh Vianca Adjie D.Putra, salah satu petugas prakirawan saat ditemui di kantor, Rabu (11/9). "Selain meningkatkan kewaspadaan terhadap tinggi gelomnang, masyarakat juga diminta agar selalu mencermati informasi yang kami berikan sebagai bentuk antisipasi,"imbaunya. Sementara itu, dari amatan koran kemarin, operasional jasa transportasi laut di beberapa dermaga pelabuhan yang tersebar di kota Ternate terpantau ramai dan lancar.

Meski demikian, peringatan dini BMKG menjadi perhatian serius para petugas Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) di beberapa dermaga pelabuhan. "Kita selalu waspada, sebab untuk saat ini, tinggi gelombang yang menghubungkan Ternate dan Sofifi hanya berada di kisaran 1,5 meter.

Tapi kami menghimbau kepada seluruh motoris speedboat agar selalu meningkatkan kewaspadaan. Kalaupun cuaca memburuk, maka pelayaran kami hentikan sementara,"tegas Aslam Yusuf, Danpos pelabuhan Semut, Mangga Dua.(mg-03/aji)

Share
Berita Terkait

E-Paper

Dahlan Iskan