Minggu, 20 Oktober 2019

 Headline
MALUT POST / MAJANG POLIS / KSOP Gelar Baksos di Pantai

KSOP Gelar Baksos di Pantai

Diposting pada 13/09/2019, 14:39 WIT
Atasi Sampah,Ternate menggelar kegiatan bersih pantai.
Atasi Sampah,Ternate menggelar kegiatan bersih pantai.

Atasi Sampah, Harap Kesadaran Masyarakat

Editor : Fitrah A Kadir
Peliput : Muhatir S. Badaruddin

TERNATE-Sebagai wujud perhatian untuk membuat laut di perairan Ternate terbebas dari sampah, Kamis (12/9) kemarin Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) kota Ternate menggelar kegiatan bersih pantai. Kegiatan yang berpusat di sepanjang bibir pantai Kalumata juga melibatkan sejumlah pihak. Diantaranya TNI, Polri, Basarnas, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Jasa raharja, Angkutan Sungai dan Perairan (ASDP), Dinas Perhubungan (Dishub), Unkhair serta sejumlah komunitas peduli laut. Kegiatan yang diawali dengan pembersihan sampah disepanjang bibir pantai ini dimulai sekitar pukul 07.39 WIB.

Ikut hadir, asisten III kota Ternate, Tahmrin Alwi mewakili walikota. Dalam kesempatan ini, Thamrin lalu dipercayakan untuk membuka secara resmi kegiatan kemarin. Dalam sambutannya, Thamrin memberikan apresiasi atas kegiatan pembersihan laut dan pantai, sebagimana digagas KSOP dan seluruh pihak.

"Tentunya, kami dari Pemkot merasa sangat terbantu, sebab dengan kegiatan ini, membuat ruang publik, mulai dari segi penataan dan sekitarnya menjadi bersih,"akunya. Karena itu, ia berharap agar kegiatan yang dilaksanakan dapat membuka kesadaran masyarakat akan pentinganya kebersihan, baik di lingkungan masing-masing, maupun laut.

"Kami dari Pemkot berharap, ini bisa menjadi kesadaran masyarakat, mulai dari tingkat RT/RW hingga kelurahan untuk bersama-sama, menjaga kebersihan lingkungan,"harapnya. Harapan yang sama juga ikut disampaikan Taher Laitupa, kepala KSOP kelas II kota Ternate. Diakui Taher, maksud serta  tujuan pembersihan yang digelar adalah bagian dari rangkaian HUT Perhubungan.

"Jadi kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Ini adalah bagian dari sosialisasi kepada masyarakat agar selalu membuang sampah pada tempatnya, sehingga tidak berserakan di sembarang tempat,"pintanya. Lanjut dia, laut yang dipenuhi sampah adalah ulah dari masyarakat yang belum memiliki kesadaran akan pentingnya kebersihan. Akibatnya, sambung Taher, banyak sampah bawaan yang mengotori laut. Baginya, kebersihan lingkungan serta laut menjadi tanggungjawab bersama, baik itu pemerintah hingga semua lapisan masyarakat.

"Kami berharap, semua pihak yang hadir dalam kegiatan kali ini ikut berperan aktif dalam mensosialisasikan pentingnya  kebersihan lingkungan di darat dan pantai,"tandasnya. Selain pembersihan pantai, kegiatan juga dirangkai dengan pembagian doorprize.(mg-03/pn/aji)

 

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan