Minggu, 20 Oktober 2019

 Headline
MALUT POST / HUKUM / DPD IMM Kecam Putusan Pengadilan Tobelo

DPD IMM Kecam Putusan Pengadilan Tobelo

Diposting pada 16/09/2019, 14:20 WIT
PROTES: Terdakwa kasus penodaan agama saat jalani sidang
PROTES: Terdakwa kasus penodaan agama saat jalani sidang

TERNATE - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Maluku Utara menilai, putusan bebas kasus dugaan penodaan agama oleh kelompok YBSN dengan terdakwa  Gresia Yakob alias Greis di Pengadilan Negeri (PN) Tobelo melukai rasa keadilan publik.
Putusan bebas oleh majelis hakim yang dipimpin hakim ketua Martha Maitimu awal September lalu itu telah menghianati tuntutan masyarakat khususnya Pulau Morotai yang mestinya terdakwa diberi hukuman sesuai perbuatan.

“Masalah Kasus YBSN itu semua publik Malut mengetahuinya bahkan menyita kinerja pihak Polres Pulau Morotai dan Polda Malut untuk mengungkap masalah dugaan pembaptisan itu kepada ratusan pelajar yang menjadi korban. Toh akhirnya pengadilan Tobelo memutuskan terdakwa tidak bersalah. Ini  sangat disesalkan dan menghianati tuntutan masyarakat saat peristiwa itu terjadi, ” kata Sekretaris Umum DPD IMM Malut, Cilfan Djaguna, Minggu (15/9).

Cilfan yang juga pemuda Pulau Morotai itu mengatakan, kejadian dugaan pembaptisan kepada ratusan pelajar tingkat SMP dan SMA Pulau Morotai oleh YBSN di pantai Army Dock , Kecamatan Morotai Selatan pada 21 Februari 2019 lalu, sungguh memicu  kegaduhan antar umat beragama. Sebab kejadian yang bertujuan untuk sosialisasi anti narkoba dan seks bebas namun pada prakteknya, kegiatan itu diselipkan misi khusus.

Karena itu DPD IMM Malut bersikap mengawal kasus ini lewat Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Pulau Morotai yang tengah melakukan kasasi atas putusan itu. “DPD IMM juga meminta Kejaksaan Tinggi (Kejati) Malut agar serius  mengawal proses kasasi itu. Jangan main-main dengan kasus ini karena efek sosialnya sangat kuat. Jika tidak serius, kami akan mengkonsolidasi massa aksi lebih banyak mendatangi dan meminta pertanggungjawaban kepada Kejati Malut” tegas Cilfan. (aby/lex)

 

Share
Berita Terkait

Pelaku Pembaptisan Massal Ditangkap

04/03/2019, 14:26 WIT

Player CV Ubay Jaya Ditahan

08/03/2018, 13:02 WIT

Dana Ratusan Miliar Menguap

09/03/2018, 12:54 WIT

TKW Tewas Jatuh Saat Berusaha Kabur

07/09/2019, 12:18 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan