Senin, 09 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / AKADEMIKA / Olah Tulang Ikan jadi Herbal Anti Osteoporosis

Olah Tulang Ikan jadi Herbal Anti Osteoporosis

Diposting pada 19/09/2019, 13:49 WIT
KAMPUS UMMU
KAMPUS UMMU

Inovasi Baru Faperta UMMU

TERNATE -  Fakultas Pertanian UMMU terus melakukan inovasi baru. Fakultas yang dipimpin Dr.Ahmad Talib, Sp, M.SI berhasil mengolah tulang ikan menjadi snack, yakni  biskuit dan kue kering yaitu makron. Kini, satu lagi produk yang akan diproduksi yaitu obat herbal.   

Ahmad Talib saat ditemui Malut Post, menjelaskan herbal berbahan dasar tulang ikan itu berkhasiat untuk mencegah dan mengobati osteoporosis.
"Kami sudah menganalisis kandungan gizinya, berdasarkan Angka Kandungan Gizi (AKG) dan sehari  bisa dikonsumsi lima atau enam kali,” jelasnya. Diakuinya, produk yang diciptakan ini, sebelumnya sudah diuji coba.

“Kita jadikan tikus sebagai bahan percobaan, seperti orang yang sudah menopause atau osteoporosis lalu kita terapi dengan tepung tulang ikan, dan hasilnya ternyata bisa mengobati orang yang osteoporosis,” terangnya.

Produk berbahan dasar tulang ikan ini, mulai dilakukan pada 2006 dan telah berhasil menciptakan biskuit yang diawali dari tepung. Selain itu ada produk makron kenari. Jadi, bukan hanya karbohidrat yang didapat dari kenari tapi pada penganan khas berbahan tulang ikan ini juga untuk memberikan mineral dan kalsium serta memenuhi kebutuhan fosfor.

“Fosfor selama ini sebagian besar diperoleh pada susu, tetapi sebagian orang tidak bisa mengonsumsi susu karena intoleran (Alergi),” jelasnya. (mg-04/nty).

 

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan