Minggu, 08 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Isi Rumdis DPRD Ludes

Isi Rumdis DPRD Ludes

Diposting pada 19/09/2019, 14:11 WIT
ASET DAERAH: Penampakan rumah dinas mantan Ketua DPRD yang berada di Jalan Rumah Sakit Desa Wedana, Kecamatan Weda
ASET DAERAH: Penampakan rumah dinas mantan Ketua DPRD yang berada di Jalan Rumah Sakit Desa Wedana, Kecamatan Weda

Diduga Dibawa Oknum Eks Wakil Rakyat

WEDA – Isi rumah dinas (rumdis) DPRD Halmahera Tengah berupa barang-barang elektronik maupun nonelektronik ludes. Kuat dugaan, benda-benda yang menjadi aset daerah itu dibawa oknum mantan anggota DPRD periode 2014-2019 yang tak lagi terpilih.

Fasilitas yang hilang itu berupa air conditioner (AC), mesin genset, televisi, bola lampu, bahkan hingga piring. Jika ditotal, nilai benda-benda tersebut mencapai ratusan juta rupiah.
Pantauan Malut Post, di rumdis bekas tempatan Ketua DPRD Rusmini Sadaralam hampir tak ada lagi perabot yang tersisa. Rumah yang terletak di Kota Weda itu nyaris kosong isinya. Tak hanya itu, rumdis tersebut juga dibongkar dapurnya.

Lantaran kondisi ini, anggota DPRD baru harus membangun kembali dapur dan membeli perabotan baru untuk mengisi rumdis yang mereka tempati. Ini dilakukan sembari menunggu dilakukan pengadaan baru dari Sekretariat DPRD.

Ketua DPRD Sementara Aswar Salim yang dikonfirmasi membenarkan jika ada oknum mantan anggota DPRD yang membawa serta aset pasca masa jabatannya berakhir. “Seperti rumdis yang saya tempati. Sebelumnya ditempati anggota DPRD dari Partai Nasdem Arsad Ibrahim itu, sejumlah perabot juga ikut dibawa. Yang saya heran setingkat balon (bola lampu, red) saja mereka bawa," keluh politikus Partai Golkar ini.

Aswar mengatakan, benda-benda itu terdaftar sebagai aset daerah. Otomatis, tak bisa dibawa siapa pun lantaran bukan milik pribadi. Kalaupun ada tambahan perubahan dapur maupun pembelian perabot lainnya harus dikoordinasikan dengan Sekretariat supaya dilakukan ganti rugi. "Setidaknya sampaikan kalau ada tambahan perabot maupun dapur, biar kami bayar. Jangan bongkar seperti ini, apalagi yang masuk sebagai aset," ujarnya.

Senada, anggota DPRD Hayun Maneke yang menempati rumdis eks tempatan Rusmini juga mengeluhkan hal senada. “Rumdis yang saya tinggal lebih parah. Semuanya sudah hilang. Dapur dibongkar, AC dan genset juga dibawa," pungkasnya.
Hingga berita ini diturunkan, baik Rusmini maupun Arsad belum bisa dikonfirmasi. Nomor ponsel keduanya sama-sama tak aktif.(mpf/kai)

Share
Berita Terkait

Panwascam Temukan Pemilih Ganda

05/04/2018, 12:34 WIT

18 Perusahaan Beroperasi di Halteng

28/03/2019, 12:18 WIT

WBN Siap Serap 15 Ribu Tenaga Lokal

31/08/2018, 12:40 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan