Kamis, 17 Oktober 2019

 Headline
MALUT POST / / Bupati Muhdin Kenalkan Produk Lokal di GTTG

Bupati Muhdin Kenalkan Produk Lokal di GTTG

Diposting pada 24/09/2019, 14:28 WIT
KENALKAN: Bupati Halmahera Timur Muhdin Ma’bud bersama Dirjen Kemendes PDTT dalam kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna (GTTG) di Bengkulu beberapa waktu lalu.
KENALKAN: Bupati Halmahera Timur Muhdin Ma’bud bersama Dirjen Kemendes PDTT dalam kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna (GTTG) di Bengkulu beberapa waktu lalu.

MABA – Bupati Halmahera Timur (Haltim) Muhdin Ma'bud mengenalkan produk lokal hasil olahan masyarakat Haltim di acara Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (GTTG) Bengkulu 22 September 2019 lalu. Kegiatan bertaraf nasional yang dibuka langsung Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT)  Eko Putro Sandjojo itu menjadi ajang promosi produk TTG di setiap provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia, termasuk Halmahera Timur.”Saya berharap melalui GTTG ini dapat meningkatkan inovasi produk-produk lokal yang dapat bernilai ekonomis,"harap Bupati.

       Semua desa di Haltim memiliki berbagai produk lokal untuk digarap secara inovatif. Hanya saja, belum diseriusi pemerintah desa.”Dana Desa (DD) tidak harus membangun infrastruktur, tapi juga harus dimanfaatkan mengelola  produk lokal yang mendatangkan keuntungan, sehingga membuat masyarakat bisa mandiri,"harapnya. Senada, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Badalan Uwat mengharapkan, pasca mengikuti Gelar TTG ini, desa di Haltim bisa berinovasi dalam menciptakan produk-produk unggulan di desa yang berbasis kearifan lokal.

"Ini akan menjadi komitmen kita untuk terus mendorong desa berinovasi dalam mengangkat produk lokal masing-masing desa di Haltim,"ucapnya.
       Diketahui, pergelaran GTTG yang dimulai sejak 22-25 September itu, Pemkab Haltim menampilkan produk unggulan desa berbasis kearifan lokal meliputi kue, sagu, sagu manis, dan kopi Halmahera yang diproduksi di wilayah Haltim. Sementara untuk kerajinan masyarakat itu berupa tas rajut dari plastik, tas pinggang yang dibuat dari kulit permen, serta dan produk kerajinan lainnya.(ado/met)

Share
Berita Terkait

80 Pemilih Coblos Dua SS

18/04/2019, 13:29 WIT

Calon Pengantin Gantung Diri

21/01/2019, 12:03 WIT

PT Antam Tinjau Kembali Hasil Tes

28/04/2018, 13:27 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan