Minggu, 20 Oktober 2019

 Headline
MALUT POST / AKADEMIKA / Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan

Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan

Diposting pada 26/09/2019, 14:15 WIT
PANEN : Mahasiswa bersama dosen pendamping saat memanen sayuran hasil pengolahan lahan pekarangan rumah
PANEN : Mahasiswa bersama dosen pendamping saat memanen sayuran hasil pengolahan lahan pekarangan rumah

TERNATE – Menjaga ketahanan dan kemandirian pangan sebenarnya bisa dilakukan dari  tingkat keluarga. Seperti yang dilakukan warga Tomori dan Wayamiga, Bacan Halmahera Selatan yang memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menghasilkan sayuran.   

Pengelolaan pekarangan ini dilakukan warga bersama para mahasiswa Unkhair saat melaksanakan Kubermas di kedua desa tersebut. Sayuran yang ditanam adalah bayam merah, kangkung cabut, sawi, brokoli dan bunga kol.”Pemilihan tanaman ini mempertimbangkan waktu tumbuh dan masa panen yang cepat yaitu sekitar dua bulan,” jelas Dr. Marwia Tamrin, M.Pd pendamping mahasiswa.

Sementara, Dr.Karman Lanani M.Si  menjelaskan program tersebut dipilih sebagai salah satu program Kubermas  karena pangan sangat bermanfaat bagi masyarakat.  Hal senada diakui
 Hasriani S.Si, M.Si pendamping lain dari 35 mahasiswa yang bertugas di dua desa tersebut. “ Kalau sebelumnya harus membeli sayuran di pasar yang membutuhkan waktu lama, saat ini  “ kalau mau masak sayur jadi mudah tinggal petik di depan rumah,"ujarnya, (mg-04/nty/pn).

 

 

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan