Sabtu, 14 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Warga Wayamiga Hasilkan Dua Produk

Warga Wayamiga Hasilkan Dua Produk

Diposting pada 26/09/2019, 14:36 WIT
KOMPAK: Foto bersama Wakil Bupati (Wabup) Halsel, Iswan Hasjim bersama pemerintah desa Wayamiga usai peresmian (BUMmas) Manggayoang, Rabu (25/90 kemarin.
KOMPAK: Foto bersama Wakil Bupati (Wabup) Halsel, Iswan Hasjim bersama pemerintah desa Wayamiga usai peresmian (BUMmas) Manggayoang, Rabu (25/90 kemarin.

LABUHA-Pemberdayaan Sumber Daya Manusia terus didorong Pemkab Halsel. Ini dilakukan untuk mengembangkan skill, inovasi serta kreativitas masyarakat.  Hasilnya, gula aren kristal dan jahe instan yang dihasilkan warga desa Woyamiga kecamatan Bacan Timur Tengah resmi ditetapkan sebagai produk unggulan kabupaten Halsel.

Dua produk unggulan ini menjadi sumber pendapatan masyarakat Woyamiga yang kemudian dikembangkan melalui Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMmas) Manggayoang. Karena itu, Wakil Bupati (Wabup) Iswan Hasjim diundang untuk meresmikan BUMmas Manggayoang, Rabu (25/9) kemarin. Kedatangan Iswan disambut hangat masyarakat Wayamiga. Dalam kesempatan ini, Dahlan Matly selaku Kades mengatakan, produk jahe instan dan gula aren kristal adalah hasil inovasi

masyarakat desa Wayamiga. "Melihat banyaknya pohon aren di wilayah ini, kami lantas bersama-sama dengan warga yang berhimpun di rumah Zakat  melalukan pengolahan menjadi gula aren kristal. Setelah itu, dikembangkan lagi menjadi produk jahe instan,”aku Kades. Ia berharap, inovasi warga desa Wayamiga bisa mendapat perhatian dan dukungan serius dari Pemkab.
"Untuk pariwisata kami punya telaga Manggayoang, namun akses jalan masuk butuh campur tangan pemerintah, begitu juga sektor pertanian.

Kami butuh pupuk,”pintanya. Menanggapi ini, Iswan Hasjim lalu memberikan apresiasi terhadap seluruh masyarakat, termasuk Pemerintah Desa (Pemdes), BUMmas Manggayoang hingga rumah zakat yang telah ikut mendorong pengembangan dua produk unggulan ini.

“Ini patut dicontoh oleh desa-desa yang lain,”ungkapnya. Orangnomor dua Halsel ini juga berharap, inovasi yang dihasilkan dapat dikembangkan lebih banyak lagi untuk mendorong perputaran ekonomi masyarakat. “Yang sulit adalah bagaimana mempertahankan kelangsungan dari produk yang dihasilkan. Makanya saya harap agar masyarakat disini tidak menyerah dan terus berinovasi,”harapnya, menutup.(sam/aji)

 

Share
Berita Terkait

Lahir di Tengah Gempa

24/07/2019, 14:21 WIT

Video Mesum Siswi SMP Tersebar

12/01/2019, 11:46 WIT

Mahasiswi Tewas Saat Memotret

06/03/2018, 12:01 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan