Kamis, 17 Oktober 2019

 Headline
MALUT POST / EKONOMI / Bank Dorong Digitalisasi Transaksi

Bank Dorong Digitalisasi Transaksi

Diposting pada 02/10/2019, 13:58 WIT
Gatot Miftakhul Manan
Gatot Miftakhul Manan

TERNATE- Perbankan mendorong transaksi berbasis digitalisasi. Ini disampaikan Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia  (BI) Maluku Utara (Malut), Gatot Miftakhul Manan.
Menurutnya,  banyak IKM yang belum menerapkan transaksi dengan Quick Response (QR), hanya menggunakan transaksi manual. “Saat ini terus didorong agar para IKM ini bisa menggunakan QR code karena lebih mempermudah mereka,” ujarnya.

Bertransaksi dengan QR code, maka semua uang masuk dan keluar melalui rekening dan tidak perlu ada pengembalian uang karena sudah tersistematis, sehingga pembayaran sesuai dengan harga. BI dan semua perbankan terus mendorong agar transaksi menggunakan QR. Tujuan dari QR ini untuk bayar non tunai jika bisa dilakukan berarti dana akan optimal karena masuk di Bank. Secara keseluruhan ini bagus karena dana masuk selalu terekap. Hal ini tentu partisipasi masyarakat kepada perbankan itu naik yang tentu mendorong ekonomi Malut lebih tinggi. Menurut dia, selama ini penyaluran uang ke masyarakat kurang karena uang yang masuk ke bank juga kurang.

Pemimpin Kantor Wilayah BNI Manado Dandy Perwandi Sjamsudin mengatakan,  BNI berkomitmen untuk mendukung kemajuan aplikasi pembayaran berbasis QR code milik Himbara dan BUMN, yaitu LinkAja, dengan cita-cita bersama untuk menghadirkan layanan transaksi digital yang lebih baik dan lengkap bagi masyarakat. “Semuanya ini tentu dilakukan sebagai bentuk dukungan BNI terhadap pembangunan Kota Ternate dan Malut secara umum,” ucapnya. Dengan QR selain untuk keamanan bertransaksi, juga lebih mempermudah masyarakat. (tr-02/onk).

 

Share
Berita Terkait

Tiket Mahal, Penumpang Pesawat Turun

16/04/2019, 12:33 WIT

Ultah ke-56, Taspen Cegah Stunting

12/04/2019, 08:58 WIT

Basuki: Jangan Ambil Kerang

18/04/2019, 09:25 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan