Minggu, 20 Oktober 2019

 Headline
MALUT POST / / Air Kotor Dikeluhkan Pelanggan PDAM

Air Kotor Dikeluhkan Pelanggan PDAM

Diposting pada 03/10/2019, 14:13 WIT
MUBAZIR: Pipa PDAM yang terbengkalai, hangus saat terjadu kebakaran lahan
MUBAZIR: Pipa PDAM yang terbengkalai, hangus saat terjadu kebakaran lahan

DARUBA - Hujan selama empat hari terakhir, membuat pelayanan PDAM Morotai dikeluhkan pelanggannya. Ini karena air menjadi keruh dan kotor.

“Air tidak layak dikonsumsi,” kata Askia, warga Dusun Tanah Tinggi Desa Gotalamo Morotai Selatan. Ini terjadi sejak Senin (30/9) hingga saat ini. Karena itu dia meminta pihak PDAM segera mencari solusinya.

Sebelumnya, Direktur PDAM Pulau Morotai, M Umar Ali, pernah memberikan keterangan bahwa jika curah hujan tinggi akan mengakibatkan banjir yang mempengaruhi penyaluran air dari bak induk atau Imtek di Nakamura.  "Air biasa kotor, penyebabnya yang pertama itu biasanya di imtek (bak induk di aliran sungai) rumputnya banyak dan kalau jarang dibersihkan otomatis akan kotor, apa lagi kalau banjir pasti kotor," terangnya kepada awak media beberapa waktu lalu di lokasi Imtek.
Parahnya, PDAM tidak memiliki tenaga teknis pengelolaan air di Induk Pengelolaan Air (IPA), sehingga air kotor tidak bisa diatasi. "Sebelum airnya di suplai kepada masyarakat, di IPA itu kan harusnya di campur dulu dengan beberapa bahan kimia sehingga air itu walaupun kotor bisa jernih. Tapi, kan tenaga teknis kita untuk mengelolanya belum ada, itu yang menjadi masalah kita sekarang," ujarnya.

Selain mengambil air dari sungai, PDAM juga punya satu sumur pompa di Nakamura, yang kualitas airnya tidak terpengaruh meskipun hujan. “Kalau ada masyarakat yang airnya kotor saat hujan, berarti sumbernya dari Nakamura,” tuturnya. (tr-04/onk).

Share
Berita Terkait

Warga Antusias ke TPS

18/04/2019, 12:43 WIT

Oknum PNS Cabuli 3 Siswa SMP

24/02/2018, 09:57 WIT

Pembentukan Kodim Morotai Kian Dekat

26/09/2018, 09:10 WIT

Diduga Selingkuh, Guru Dianiaya

09/02/2018, 14:08 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan