Minggu, 20 Oktober 2019

 Headline
MALUT POST / FEATURE / Ke-3 Istri Bantu Sosialisasi Selama Kampanye

Ke-3 Istri Bantu Sosialisasi Selama Kampanye

Diposting pada 05/10/2019, 13:13 WIT
BEDA: Fadil Muzakki Syah diantar oleh ketiga istrinya saat pelantikan sebagai anggota DPR RI, Selasa (1/10). Foto lain, Fadil tertidur saat sidang paripurna DPR FEDRIK TARIGAN/JAWA POS
BEDA: Fadil Muzakki Syah diantar oleh ketiga istrinya saat pelantikan sebagai anggota DPR RI, Selasa (1/10). Foto lain, Fadil tertidur saat sidang paripurna DPR FEDRIK TARIGAN/JAWA POS

Dua Foto yang Membuat Fadil Muzakki Syah Jadi Sorotan

Achmad Fadil Muzakki Syah mengaku tak terganggu dengan gunjingan terkait ketiga istrinya yang diajak ke gedung DPR. Tentang fotonya yang tertidur, dia mengaku tak sempat memejamkan mata sejak dini hari.

UMAR WIRAHADI,

Jakarta

ACHMAD Fadil Muzakki berdiri tegak dengan seragam safari lengkap. Senyumnya mengembang. Di sampingnya berdiri tiga perempuan yang kompak mengenakan gamis dan khimar bermotif biru laut. Masing-masing menyunggingkan senyum manis.

Ketiganya tak lain adalah istri-istri Fadil Muzakki. Foto yang kini viral di media sosial (medsos) tersebut adalah momen di bawah tangga Gedung Nusantara atau Gedung Kura-Kura kompleks DPR/MPR. ”Kami foto-foto setelah pelantikan,” tutur Achmad Fadil Muzakki Syah saat ditemui Jawa Pos depan ruang rapat Fraksi Nasdem kemarin sore (2/10).

Meski foto bersama tiga istrinya tersebar luas dengan banyak komentar miring, Lora Fadil–sapaan karib Achmad Fadil Muzakki Syah–sama sekali tidak merasa terganggu. Juga tidak merasa tersinggung dengan komentar di linimasa medsos. “Justru saya ingin memberikan contoh yang baik bagi mereka yang ingin berpoligami,” ujarnya lalu tersenyum.

Dia menyampaikan pernikahannya dengan tiga istrinya adalah sah secara hukum agama maupun hukum negara. Semua sudah diproses melalui pengadilan agama (PA) dan KUA. Artinya tidak menikah secara siri.

Lora Fadil mengaku sudah mulai berpoligami sejak 11 tahun yang lalu. Itu terjadi saat dirinya menikahi istri kedua bernama Yeni Kurnia. Perempuan yang kini berusia 33 tahun itu dinikahi Lora Fadil pada 2008 lalu. ”Proses kami menikah ini tidak mudah,” tuturnya.

Saat itu dia berstatus sebagai suami istri pertama bernama Siti Aminah, 38. Calon istrinya pun sudah mengetahui kalau dia sudah memiliki istri. Fad pun menyampaikan keinginan menikahi Yeni Kurnia ke istri pertama. Proses sampai sang istri menyanggupi untuk dimadu berlangsung sampai empat bulan.

Siti Aminah setuju dimadu dengan beberapa syarat. Di antaranya, sebagai istri muda Yeni harus tinggal satu rumah dengan dirinya. Syarat itu pun disanggupi. ”Justru ini adalah keterbukaan. Sampai sekarang istri pertama dan kedua hidup bersama satu rumah,” tuturnya.

Tidak cukup itu. Politisi yang pada 21 Oktober nanti genap berusia 42 tahun itu kembali menikah. Istri ketiganya bernama Novita Kusumaningrum, 35.

Sama ketika menikahi istri kedua, saat menikah dengan istri ketiga, Fadil harus mendapat restu istri pertama dan kedua. Proses untuk mendapat restu itu dilakukan di pengadilan agama lengkap dengan saksi. Istri ketiganya tinggal di rumah terpisah, tetapi masih satu desa di Desa Gebang, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. Fadil menyatakan, istri pertamanya begitu berperan dalam setiap poligami yang dilakukannya. Sehingga dia mengaku sangat mencintainya. ”Semua istri saya cintai. Tetapi rasa cinta pada istri pertama makin bertambah,” ucapnya lalu tertawa.

Tidak hanya harmonis dalam urusan rumah tangga. Fadil kini sukses melenggang menjadi anggota DPR. Dia mengaku peran ketiga istrinya sangat besar. Terutama saat dalam masa-massa kampanye. Ketiganya pun ikut menjadi bagian dari tim sukses. Siti Aminah dan dua madunya turun langsung melakukan sosialisasi sekaligus kampanye ke masyarakat.

Bukan hanya foto bersama tiga istrinya yang viral. Sosok Lora Fadil juga menjadi pergunjingan di media sosial karena fotonya yang sedang tidur di kursi sidang paripurna beredar luas. Itu terjadi saat momen pelantikan DPR Selasa lalu.

Ditanya soal foto tersebut, Fadil membenarkan bahwa dirinya sempat tertidur di ruang sidang. Saat itu dia mengaku dalam posisi sangat mengantuk. Dia beralasan karena sejak Selasa dini hari tidak tidur. Sebab, harus mengikuti pendidikan partai di sebuah hotel. ”Saya baru ketemu istri itu selama subuh. Sejak itu saya tidak tidur, jadi ngantuk berat,” akunya.

Apa program sebagai anggota DPR? Dia mengaku ingin duduk di komisi VII. Dia berharap bisa berperan meningkatkan infrastruktur dan pendidikan di dapilnya. Dia terpilih melalui dapil Jatim III yang meliputi Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso itu. ”Pendidikan di sana masih tertinggal. Saya berharap dana-dana CSR BUMN bisa dimanfaatkan untuk pengembangan pendidikan,” imbuh ayah enam anak itu.(jpc/kai)

 

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan