Kamis, 17 Oktober 2019

 Headline
MALUT POST / MAJANG POLIS / BKKBN Sosialisasi Proyek Perubahan Strategi Fakatinyinga

BKKBN Sosialisasi Proyek Perubahan Strategi Fakatinyinga

Diposting pada 07/10/2019, 15:12 WIT
KOMPAK: Foto bersama di sela-sela sosialisasi. Ft putri/malut post
KOMPAK: Foto bersama di sela-sela sosialisasi. Ft putri/malut post

TERNATE - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kota Ternate menggelar sosialisasi.

Kegiatan ini dilakukan melalui program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang memperhatikan kesejahteraan keluarga melalui Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) sebagai kelompok binaan BKKBN dan OPD KB.  Kepada Malut Post, Kepala BKKBN Kota Ternate, Nurbaity Radjabessy mengembangkan ekonomi kreatif dibuktikan pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tk. II di BPSDM Provinsi D.I Yogyakarta. “Untuk pengembangan ekonomi kreatif di Kota Ternate, keseriusan ini dibuktikan dengan mengangkat judul Strategi Fakatinyinga Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Kelompok UPPKS Akseptor KB,” ungkapnya. Dia menjelaskan Fakatinyinga itu merupakan filosofi budaya Ternate, artinya bermufakat dengan hati
Nurbaity menjelaskan program dari PKN ini dilakukan beberapa tahapan jangka pendek, dari melakukan pendataan ekonomi kreatif kelompok UPPKS Akseptor KB, melakukan FGD, penandatanganan MoU stakeholder terkait, serta  melakukan pelatihan pemasaran bagi kelompok ekonomi kreatif. Bahkan membentuk penggerak Fakatinyinga sebagai fasilitator pengembangan ekonomi kreatif di tingkat Kelurahan.  “Untuk sekarang fokus jangka pendeknya masih berada di kecamatan Ternate Barat tepatnya di Kelurahan Tobololo, Takome, dan Loto,” jelas Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate ini. Namun, diakuinya inovasi akan terus dikembangkan hingga menyentuh kedelapan kecamatan di Kota Ternate.

Nurbaity menyebutkan  dukungan dari sejumlah pihak untuk proyek perubahan tersebut. “Ini telah mendapat dukungan dari beberapa instansi seperti BKKBN RI, perwakilan BKKBN Maluku Utara, dan beberapa SKPD pemerintah Kota Ternate serta instansi keuangan demi terwujudnya program ini,” sebutnya.

Nurbaity berharap dengan adanya kerja sama lintas sektor mampu mencapai tujuan dari proyek perubahan tersebut. “kedepannya dengan adanya kerja sama baik sektor pemerintah maupun swasta dalam pengembangan ekonomi kreatif kelompok UPPKS Akseptor KB di Kota Ternate guna terciptanya keluarga kecil bahagia dan sejahtera,” harapnya.

Tim efektif Internal terdiri dari Rahmawati R Tukoboya, Dahlan Hi. Chalik, Nursia L, Hadidja Malagapi, Poppie Titarsole, Elia Amra, Ridwan, Fatur Rokhman, Puput Yuda Pratama, Abdi Rizal, dan Sabri Hi. Ramim. (mg-05/onk/pn).

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan