Rabu, 20 November 2019

 Headline
MALUT POST / POLITIK / Lima Balon Kembalikan Berkas ke NasDem

Lima Balon Kembalikan Berkas ke NasDem

Diposting pada 11/10/2019, 14:56 WIT
POLITIK: Suasana pengembalian berkas di sekretariat partai NasDem.
POLITIK: Suasana pengembalian berkas di sekretariat partai NasDem.

TIDORE - Lima bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan periode 2020-2025 mengembalikan berkasnya ke tim penjaringan DPD Partai NasDem Tikep, pada Kamis (10/10). Dari lima bakal calon ini, dua diantaranya merupakan calon Wakil Wali Kota. Untuk calon Wali Kota yakni Salahudin Adrias, Elbahar Konoras, dan Capt. Ali Ibrahim. Sementara untuk calon Wakil Wali Kota yakni Muhammad Sinen, dan Muhammad Djabir Taha.

Ketua DPD NasDem Tikep, Mochtar Djumati, mengatakan bahwa tahapan penjaringan bakal calon ini dibuka sampai pada 23 Oktober. Namun ada beberapa pertimbangan di DPD, sehingga pengembalian berkas itu dilakukan pada 10 Oktober, kemarin. "Nanti kita juga akan berkoordinasi dengan DPW terkait dengan hasil pengembalian berkas hari ini (kemarin, red), karena masih ada beberapa bakal calon yang belum mengembalikan berkasnya," tuturnya.

Menurutnya, setelah menerima seluruh berkas para bakal calon, selanjutnya akan dilakukan verifikasi berkas dan penyampaian visi misi dari bakal calon. Untuk pleno penetapan bakal calon nanti dilakukan pada 24 Oktober mendatang. Dalam empat hari ke depan, NasDem akan melakukan survei untuk melihat elektabilitas para bakal calon. "DPP juga memberikan peluang kepada DPD untuk merekomendasikan tokoh masyarakat yang punya integritas dan kapasitas yang mumpuni untuk maju sebagai calon Wali Kota," tandasnya.

Sementara bakal calon Wali Kota, Elbahar Konoras, kepada Malut Post menyampaikan bahwa pengalaman dirinya selama menjadi anggota DPRD Tikep satu tahun kemarin, tata kelola pemerintahan saat ini masih banyak yang tidak sejalan dengan harapan rakyat. Terutama soal disparitas, kesenjangan antara kampung yang satu dengan yang lainnya, kemudian masalah Oba yang masih jauh dari harapan. "Maka saya berniat maju sebagai calon Walikota ini intinya motivasi saya agar Tidore ini ke depan lebih baik lagi," ujarnya.

Selain itu, lanjut Elbahar, visi misi besar Presiden Jokowi tentang revolusi mental, namun yang terjadi di Tikep justru degradasi mental. "Ini perlu kita perbaiki," tuturnya, sembari mengatakan untuk komunikasi antara dirinya dengan beberapa partai berjalan bagus. Apalagi saat ini adanya kaukus yang dibentuk 11 partai politik dengan visi yang sama. Setelah dirinya berkoordinasi dengan beberapa partai itu, dirinya juga masuk dalam bagian yang diusulkan. "Namun itu nanti melalui survei partai, dan NasDem juga meminta kita untuk menyampaikan visi misi terhadap Kota Tidore ke depan," sambungnya.

Lanjutnya, dirinya bersama beberapa bakal calon lainnya juga sudah bertemu untuk membahas arah koalisi ke depan. Namun untuk menentukan siapa yang maju Wali Kota dan Wakil Wali Kota, itu belum diputuskan. Pihaknya pada ujungnya nanti melihat keputusan partai yang terbaik sesuai dengan pertimbangan dari berbagai aspek. "Siapa yang lebih populer, siapa yang lebih diterima oleh masyarakat, lebih visioner. Ini yang mungkin kita pada ujungnya akan bersama. Kita bukan lagi pada persoalan bertarung untuk merebut kursi, tapi setelah kita dapat kursi, apa yang nanti kita buat untuk rakyat. Yang jelas kami ingin Tidore ini baik lagi," jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan calon Wakil Wali Kota Muhammad Djabir Taha. Pria yang akrab disapa Hama Goyoba ini optimis akan mendapatkan rekomendasi dari beberapa partai politik. Dirinya berkeyakinan maju sebagai calon Wakil Wali Kota ini untuk mengubah Kota Tidore Kepulauan ke depan. "Untuk mengukur diri saya, maka saya maju sebagai calon Wakil Wali Kota. Kita tawakal saja," ujarnya.

Selain NasDem, dirinya juga akan mendaftar di partai lain yang jika membuka penjaringan ke depan, seperti Demokrat, Hanura, PKB, maupun Perindro. Bahkan dirinya juga telah berkoordinasi dengan beberapa bakal calon terkait arah ke depan. Namun untuk koalisinya belum bisa diputuskan. "Meski nantinya belum dipercayakan, ya nanti kita lihat kandidat mana yang terbaik untuk kita perjuangkan," tuturnya. (cr-03/lex)

Share
Berita Terkait

Jokowi-Ma’ruf di Atas Angin

18/04/2019, 14:36 WIT

SS DPR RI Diduga Disembunyikan

18/04/2019, 14:25 WIT

Pemprov Dapat 378 Formasi

10/09/2018, 12:49 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan