Senin, 16 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Kasus Pateng Diserahkan ke Inspektorat

Kasus Pateng Diserahkan ke Inspektorat

Diposting pada 12/10/2019, 12:44 WIT
CARI SOLUSI: Pertemuan Camat Jailolo Hairuddin Syaifuddin bersama Pemerintah Desa Payo Tengah, BPD dan masyarakat terkait dugaan penyalahgunaan dana desa (DD) di ruang rapat kantor camat, beberapa waktu lalu.
CARI SOLUSI: Pertemuan Camat Jailolo Hairuddin Syaifuddin bersama Pemerintah Desa Payo Tengah, BPD dan masyarakat terkait dugaan penyalahgunaan dana desa (DD) di ruang rapat kantor camat, beberapa waktu lalu.

JAILOLO – Dugaan kasus penyalahgunaan dana desa (DD) Desa Payo Tengah (Pateng) Kecamatan Jailolo yang menyeret nama kepala desa Kader Hi Hasyim akhirnya direkomendasikan Camat Jailolo Hairuddin Syaifuddin ke Inspektorat untuk diaudit. Rekomendasi dikeluarkan sebagai bentuk tindaklanjut laporan masyarakat dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) atas dugaan rekayasa Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2017 dan 2018.”Sebelum keluarkan rekomendasi, terlebih dahulu kami panggil BPD dan masyarakat dan dilakukan klarifikasi. Hanya saja pertemuan yang berlangsung di ruang rapat camat  itu tidak membuahkan hasil,”ungkapnya.

    Selain itu, juga ada pertemuan antara pemerintah desa, BPD dan masyarakat di Desa Pateng beberapa waktu lalu.”Pertemuan ini tidak ada solusi sehingga kasus ini kami rekomendasikan ke Inspektorat untuk diaudit,”ujarnya. Harapannya Inspektorat segera menyelesaikan sehingga sebelum musyawarah desa (musdes) penyusunan program APBDes 2020 kasus ini sudah harus tuntas.”Untuk mempercepat audit anggarannya, saya sudah menyurat ke Inspektorat untuk turun bersama kami dari kecamatan ke Desa Pateng,”harapnya.

       Tak hanya itu, kades juga telah mengakui menggunakan anggaran pembangunan masjid sebesar Rp 15 juta, dan belum dikembalikan ke panitia sehingga untuk membuktikan lebih detil adalah kewenangan Inspektorat.”Laporan penyalahgunaan DD ini bukan saja Desa Pateng. Jadi saya berharap para kades lebih berhati-hati dalam mengelola DD,”harapnya. Terpisah Ketua BPD Pateng Yamin Yoisangaji meminta pihak  kecamatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM-PD) dan Inspektorat agar serius menangani masalah tersebut. (din/met)

Share
Berita Terkait

Jokowi Menang Telak di Desa Danny

18/04/2019, 13:04 WIT

Danyonif RK 732/Banau Berganti

07/12/2018, 12:50 WIT

Sehari, Empat Tewas di Jalan

12/03/2018, 12:37 WIT

Jembatan Goin - Kedi Tuntas 2020

22/07/2019, 14:17 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan