Rabu, 20 November 2019

 Headline
MALUT POST / MAJANG POLIS / Sampah Picu Kebakaran Lahan

Sampah Picu Kebakaran Lahan

Diposting pada 15/10/2019, 14:09 WIT
Sejumlah petugas dari Dinas Pemadam dan Kebakaran (Damkar) saat memadamakan api di lahan yang ada di  lingkungan RT 10 kelurahan Sangaji Utara Senin (14/10) kemarin.
Sejumlah petugas dari Dinas Pemadam dan Kebakaran (Damkar) saat memadamakan api di lahan yang ada di lingkungan RT 10 kelurahan Sangaji Utara Senin (14/10) kemarin.


Lima Unit Truk Damkar Dikerahkan

Editor : Fitrah A Kadir

Peliput : Muhatir S Badaruddin

TERNATE-Warga lingkungan RT 10/03 kelurahan Sangaji Utara dibuat panik dengan aksi si jago merah pada Senin (14/10) kemarin. Bagaimana tidak, kebakaran di lahan kosong dengan luas kurang lebih satu hektare ini nyaris meluas ke sejumlah pemukiman warga.

Peristiwa terjadi sekitar pukul 10.20 WIT itu bermula dari ulah warga yang dengan sengaja membakar sampah dikawasan sekitar. Karena lahan disekitar dipenuhi tumbuhan liar mulai mengering sehingga api yang mulanya hanya membakar tumpukan sampah dengan cepat membesar. Kondisi api yang kian membesar membuat sebagian warga yang tinggal disekitar panik dan langsung menghubungi petugas Dinas Kebakaran (Damkar). "Awalnya ada yang membakar sampah, namun karena lahan disini dipenuhi rumput kering dan sampah yang begitu banyak makanya api membesar. Ini juga karna faktor angin,"aku Sandy, warga sekitar.

Di tempat yang sama, Jufri selaku ketua RT setempat ikut membenarkan kronologis kejadian. "Kebakaran ini bermula dari pembakaran sampah oleh warga,"singkatnya. Petugas pemadam yang tiba di lokasi sekitar 10 menit setelah kejadian langsung melakukan pemadaman api. Kepala Bidang (Kabid) OPS Damkar Naim Syafar saat dikonfirmasi mengaku, pihaknya menerima laporan warga sekira pukul 10.30 WIT dan langsung bergegas menuju ke lokasi. Tidak kurang dari lima unit truk Damkar dikerahkan untuk memadamkan api. " Jumlah personil kami saat ini ada 30 orang untuk melakukan pemadaman,"sebut Naim. Diakui Naim, pihaknya sempat mengalami kendala dalam proses pemadaman dikarenakan sulitnya akses jalan yang dipenuhi pemukiman warga.  "Tapi dengan segala upaya, api bisa kita padamkan. Kami juga menghimbau kepada warga agar tidak membakar sampah secara sembarangan sehingga tidak memicu terjadinya kebakaran lahan seperti ini,"imbaunya. Meski tidak ada korban dalam peristiwa ini, namun kebakaran yang terjadi menjadi pengalaman sekaligus peringatan bagi warga Sangaji Utara dan Ternate pada umumnya supaya lebih berhati-hati dan tidak melakukan pembakaran sampah di sembarangan tempat.(mg-03/aji) 

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan