Jumat, 15 November 2019

 Headline
MALUT POST / NASIONAL / Jokowi Undang AGK ke Istana

Jokowi Undang AGK ke Istana

Diposting pada 15/10/2019, 14:53 WIT
BINCANG: Gubernur Abdul Gani Kasuba (berpeci) bersama kepala daerah lainnya saat berbincang dengan Presiden Jokowi di acara peresmian Palapa Ring, Senin (14/10) BIRO SETPRES
BINCANG: Gubernur Abdul Gani Kasuba (berpeci) bersama kepala daerah lainnya saat berbincang dengan Presiden Jokowi di acara peresmian Palapa Ring, Senin (14/10) BIRO SETPRES

SOFIFI - Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo mengundang secara khusus Gubernur Maluku Utara (Malut), Abdul Gani Kasuba (AGK) di Istana Negara, Senin (14/10). Pria yang akrab di sapa Jokowi itu mengundang AGK untuk membicarakan khusus tentang pembangunan Malut.
Ihwal undangan ini disampaikan Gubernur dalam rilis yang disampaikan juru bicara Gubernur Malut, Muliadi Tutupoho yang diterima Malut Post, tadi malam. "Pak Presiden Jokowi mengundang saya ke Istana, dan alhamdulillah Pak Presiden berjanji akan membangun Maluku Utara," kata juru bicara Gubernur Malut, Muliadi Tutupoho mengutip pernyataan AGK yang disampaikan dalam pres rilis, kemarin (14/10).

Muliadi mengatakan, dalam pertemuan itu, Gubernur juga meminta kepada pemerintah pusat untuk membangun infrastruktur dasar di Malut. "Pak Gubernur meminta agar ada dukungan pemerintah pusat untuk pembangunan bandar udara, jalan dan jembatan serta infrastruktur dasar lainnya," ungkapnya.

Sebelum diundang ke Istana Negara, Gubernur juga menghadiri acara peresmian Palapa Ring oleh Presiden Jokowi, yang dihadiri juga oleh seluruh Gubernur se Indonesia.

Presiden Joko Widodo telah meresmikan pengoperasian Palapa Ring Timur, yang ditandai dengan Video Conference dengan Pemerintah Daerah Sorong, Merauke, Rote, Sabang, dan Penajam Paser Utara. Hal ini sesuai dengan siaran perss dari Direktur Sumber Daya dan Administrasi, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI), Fadhilal Mathar.

Paket Palapa Ring Timur melengkapi jaringan tulang punggung internet nasional, Palapa Ring yang telah lebih dulu beroperasi dan dinikmati masyarakat sejak tahun 2018, yaitu paket Palapa Ring Barat dan Tengah.

Menandai utilisasi Palapa Ring, Presiden yang didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Keuangan, dan Kepala BIN melakukan konferensi video dari Istana Negara dengan para pejabat pemerintah daerah di Sorong (Papua Barat), Merauke (Papua), Rote (Nusa Tenggara Timur), Sabang (Nanggroe Aceh Darussalam), dan Penajam Paser Utara (Kalimantan Timur).

Turut hadir bersama Presiden, Kementerian/Lembaga, anggota DPR dan DPD, Penyedia Jasa Telekomunikasi, Asosiasi, Start up, Unicorns, serta tokoh-tokoh telekomunikasi di Indonesia dan startup dan entrepreneur muda dari Papua yang bergerak dalam berbagai bidang seperti edukasi (pemberantasan buta huruf, pelatihan bahasa, anti hoax, dan diplomasi), bidang energi, penerbangan, kuliner, dan seni.

Palapa Ring merupakan proyek pembangunan backbone jaringan serat optik nasional yang menghubungkan seluruh 514 Ibukota Kabupaten/Kota di Indonesia yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan Non-KPBU. PT Telkom telah mengintegrasikan backbone serat optik di 457 Kabupaten/Kota melalui skema Non-KPBU.

Penggelaran Palapa Ring oleh Pemerintah sepanjang lebih dari 12.000 km di 57 Kabupaten/Kota di 11 Provinsi dengan skema KPBU merupakan wujud dari kebijakan afirmatif pemerintah untuk menyediakan internet cepat di wilayah-wilayah Terluar, Terdepan, Tertinggal (3T) yang secara komersial tidak feasible untuk dibangun oleh pihak swasta. Bekerja sama dengan PT. Palapa Ring Barat, PT. LEN Telekomunikasi Indonesia, PT Palapa Timur Telematika, pemerintah melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo telah menuntaskan pembangunan jaringan tulang punggung serat optik nasional di seluruh ibukota kabupaten/kota di Indonesia pada bulan Agustus 2019.(cr-01/adv/jfr)

 

Share

E-Paper

Dahlan Iskan