Jumat, 15 November 2019

 Headline
MALUT POST / MAJANG POLIS / Dua Camat Instruksi Penertiban Ternak Liar

Dua Camat Instruksi Penertiban Ternak Liar

Diposting pada 16/10/2019, 14:09 WIT
Ternak sapi liar di perkuburan Cina, kelurahan Santiong tanpa diikat.
Ternak sapi liar di perkuburan Cina, kelurahan Santiong tanpa diikat.

Minta Peran Aktif Satpol

Editor : Fitrah A Kadir

Peliput : Muhatir S Badaruddin

TERNATE-Maraknya ternak sapi liar menjadi persoalan serius yang hingga kini belum bisa disikapi pemerintah, baik kelurahan maupun kecamatan. Padahal, ternak liar seperti kambing dan sapi selalu dikeluhkan warga yang merasa terganggu lantaran pekarangan rumah mereka kerap dirusaki ternak yang berkeliaran. Minimnya kesadaran pemilik ternak juga menjadi slaah satu pemicu fenomena ternak menjadi liar.

Seperti yang terlihat di kawasan jalan kelurahan Jambula dan Santiong, Selasa (15/10) kemarin. Selain merusak pekarangan warga, ternak liar juga dianggap mengganggu aktivitas lalulintas. “Selain tidak ada kesadaran dari pemilik ternak, fenomena ini juga lepas dari perhatian pemerintah, terutama pihak kelurahan,”ucap Ono, pemuda Jambula. Menyikapi ini, camat Ternate Pulau, Jainudin Abjan saat dikonfirmasi Selasa (15/10) kemarin berjanji untuk menindaklanjuti persoalan tersebut dengan menggelar pertemuan bersama warga dan pihak kelurahan. “Saya akan berkoordinasi dengan pihak kelurahan yang ada di wilayah Ternate Pulau untuk menggelar pertemuan dalam waktu dekat. Pertemuan nanti tentu melibatkan para pemilik ternak agar persoalan ini segera teratasi,”janjinya. Senada juga disampaikan camat Ternate Tengah, Abdul Haris Usman.

Diakui Abdul Haris, dirinya telah mengantongi surat dari pihak kelurahan Santiong. Jadi untuk penertiban nanti, kelurahan akan melibatkan Satpol PP agar ternak-ternak liar ini ditertibkan,”tegasnya, menutup.(mg-03/aji)

Share
Berita Terkait

E-Paper

Dahlan Iskan